KESANTUNAN BERBAHASA PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KOMENTAR CAPTION INDOZONE.ID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS OPINI DI KELAS XII SMA

Paramita, Tiara Pradnya (2020) KESANTUNAN BERBAHASA PADA REMAJA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KOMENTAR CAPTION INDOZONE.ID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS OPINI DI KELAS XII SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (626kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (197kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (168kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Berbahasa secara santun merupakan hal yang sangat penting dalam berkomunikasi, karena dengan bahasa yang santun penutur mampu menyampaikan maksud dengan mudah dipahami dan tersampaikan dengan baik. Pengguna bahasa yang santun perlu ditingkatkan oleh karangan remaja, khususnya siswa SMA kelas XII agar dapat lebih memperhatikan kesantunan berbahasa saat berkomunikasi atau berpendapat baik dalam kehidupan nyata atau dunia maya.Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pematuhan maksim kesantunan berbahasa pada remaja pengguna media sosial instagram dalam komentar caption Indozone.id? (2) Bagaimanakah pelanggaran maksim kesantunan berbahasa pada remaja pengguna media sosial instagram dalam komentar caption indozone.id? (3) Bagaimanakah Implikasinya terhadap pembelajaran menulis opini di kelas XII SMA?. Metode penelitian yaitu jenis penelitian kualitatif. Data Penelitian menggunakan data komentar di situs instagram Indozone.id. Teknik Pengumpulan Data menggunakan teknik transkripsi dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk Pematuhan Prinsip Kesantunan dalam komentar terdapat 23 data. Maksim Kebijaksanaan sebanyak 3 komentar. Maksim Kedermawanan sebanyak 2 komentar. Maksim Pujian, sebanyak 7 komentar. Maksim Kerendahatian sebanyak 2 komentar. Maksim Kessepakatan sebanyak 2 komentar. Maksim Kesimpatisan sebanyak 8 komentar. 2) Bentuk Pelanggaran Prinsip Kesantunan dalam komentar terdapat 28 data. Maksim Kebijaksanaan, berdasarkan data instagram komentar yang masuk ke pelanggaran maksim kebijaksanaan sebanyak 6 komentar. Maksim Kedermawanan sebanyak 3 komentar. Maksim Pujian sebanyak 5 komentar. Maksim Kerendahatian sebanyak 11 komentar. Maksim Kesepakatan sebanyak 1 komentar. Maksim Kesimpatisan sebanyak 4 komentar. 3) Implikasi Terhadap Pembelajaran Menulis Opini di Kelas XII SMA dengan pembelajaran bahasa indonesia berdasarkan materi menulis opini adalah dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat mengimplikannya terhadap kompetensi dasar yakni dengan menyusun sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan menggunakan media sosial instagram dalam komentar caption indozone sebagai contoh opini yang memperhatikan penggunaan bahasa. Kata Kunci: Kesantunan, instagram, caption indozone.id.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:53
Last Modified: 19 Apr 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item