LINTASAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTRADIKTIF PADA MATERI GEOMETRI

Mahani, Pida (2020) LINTASAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTRADIKTIF PADA MATERI GEOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (594kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (675kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lintasan pengambilan keputusan siswa SMA dalam menyelesaikan soal kontradiktif pada materi geometri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lintasan terbuka yang bukan lintasan tertutup yang digunakan oleh siswa. Pengambilan keputusan adalah tentang memutuskan tindakan apa yang harus diambil, biasanya menyangkut pilihan di antara pilihan. Sedangkan geometri merupakan salah satu materi dalam matematika yang masih banyak ditemukan kesulitan oleh siswa. Geometri terbagi menjadi beberapa jenis, salah dua di antaranya adalah geometri bidang dan geometri ruang. Karena itu geometri digunakan demi mengetahui langkah-langkah yang diambil siswa untuk mengambil keputusan dengan menggunakan soal kontradiktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, tepatnya dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan soal kontradiktif bangun ruang dan wawancara pada subjek penelitian. Subjek utama penelitian berjumlah dua orang. Pada penelitian ini terlihat bagaimana siswa dalam menyelesaikan suatu soal yang tidak biasa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa dapat mengerjakan soal kontradiktif dengan menggunakan rumus yang telah dipelajari. Dari jawaban siswa menunjukkan langkah yang diambil untuk memperoleh jawaban. Sedangkan pada hasil wawancara, siswa telah menerapkan tahapan pengambilan keputusan. Tahapan-tahapan yang diambil akan menghasilkan sebuah lintasan, yang mana adalah dapat menciptakan alur dari langkah awal hingga langkah akhir hingga berujung pada keputusan akhir. Hal ini diperoleh setelah data direduksi lalu disajikan berupa narasi deskripsi. Sehingga dari tahapan tersebut terbentuklah suatu lintasan pengambilan keputusan. Kata kunci : lintasan, pengambilan keputusan, geometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:07
Last Modified: 15 Apr 2021 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item View Item