AN ANALYSIS OF GERUND AND INFINITIVE WRITTEN BY THE SECOND SEMESTER STUDENTS (A Case of English Education Students of College of Languages of Sultan Agung Islamic University in the Academic Year of 2012/2013)

Wijayaningsih, Endri (2014) AN ANALYSIS OF GERUND AND INFINITIVE WRITTEN BY THE SECOND SEMESTER STUDENTS (A Case of English Education Students of College of Languages of Sultan Agung Islamic University in the Academic Year of 2012/2013). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Studi ini merupakan suatu upaya untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang sering siswa lakukan pada penggunaan gerund dan infinitive dan untuk mengetahui kemampuan siswa pada penggunaan gerund an infinitive. Untuk mencapai kedua tujuan tersebut, studi ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester 2 pendidikan bahasa inggris fakultas bahasa Unissula tahun ajaran 2012/2013. Terdapat 32 siswa yang bertindak sebagai sampel. Studi ini menggunakan tes “fill in the blank” dalam mengumpulkan data. Berdasarkan hasil dari analisis data, ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menggunakan gerund dan infinitive masih belum cukup baik. Dibuktikan dari nilai rata-rata siswa adalah 72.11. Hal ini dapat diindikasikan bahwa presentase dari jawaban yang benar sebanyak 72%. Dari presentase tersebut menunjukkan bahwa level dari kemampuan siswa berada di peringkat D yang berarti dibawah rata-rata. Dari analisis tes, ditemukan sisya yang masih melakukan kesalahan dalam mengidentifikasi gerund dan infinitive. Pada hasil tes kemampuan gerund menunjukkan sebanyak 51% siswa melakukan kesalahan dengan menambahkan “to- infinitive“, 31% siswa menambahkan akhiran “-ed”, dan 18% siswa menambahkan “gerund” pada verb. Untuk hasil tes kemampuan infinitive menunjukkan bahwa sebanyak 92% siswa melakukan kesalahan dengan menambahkan “gerund” dan 8% siswa menambahkan akhiran “-ed”. Sementara itu, tes kemampuan gerund atau infinitive menunjukkan bahwa 100% siswa melakukan kesalahan dengan menambahkan akhiran “-ed”. Hal ini menunjukkan bahwa kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa yaitu dengan menambahkan “to- infinitive“, “gerund”, dan “-ed”. Berdasarkan studi ini, siswa semester dua masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi gerund dan infinitive. Untuk siswa, mereka harus belajar lebih giat dan juga harus menambah pengetahuan tentang gerund dan infinitive sehingga mereka dapat meminimalisir kesalahan mereka ketika mengerjakan soal. Untuk guru, mereka harus menemukan tehnik mengajar yang sesuai untuk mempelajari gerund dan infinitive.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:52
Last Modified: 23 Dec 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item