Febby Indriana, Adelia (2020) IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (430kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan memberikan soal bertipe open ended pada materi aritmatika sosial. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan membiasakan siswa menyelesaikan masalah-masalah terbuka yang memiliki banyak cara penyelesaian dan jawaban benar yang beragam. Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, peneliti menggunakan tiga indikator berpikir kreatif Siswono (2011) meliputi kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty) dengan kriteria penjenjangan mengacu pada Santoso et al. (2014) yang terdiri dari lima tingkat berpikir kreatif yaitu TKBK 4 (sangat kreatif), TKBK 3 (kreatif), TKBK 2 (cukup kreatif), TKBK 1 (kurang kreatif), dan TKBK 0 (tidak kreatif). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil sebagai berikut: (1) siswa dengan kemampuan matematis tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir yang sangat kreatif (TKBK 4) dalam menyelesaikan soal open ended; (2) siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kreatif (TKBK 3) dalam menyelesaikan soal open ended, dan; (3) siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kurang kreatif (TKBK 1) dalam menyelesaikan soal open ended. Kata Kunci: Tingkat Berpikir Kreatif Matematis, Soal Open Ended, Aritmatika Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 04:00 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 04:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18905 |
Actions (login required)
View Item |