PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING) BERBANTU MEDIA FRACTIONS BOARD MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR

Rahayu, Ana (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING) BERBANTU MEDIA FRACTIONS BOARD MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model inovatif dan dibantu media yang efektif pada materi pecahan kelas III, serta mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya. Perangkat pembelajaran model CORE berbantu media Fractions Board dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementations, and Evaluations). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan perangkat pembelajaran model CORE berbantu media Fractions Board menghasilkan kelayakan yaitu silabus sebesar 0.83, RPP sebesar 0.87, materi pembelajaran sebesar 0.82, dan soal soal evaluasi dengan kriteria kevalidan nilai sig.< α=0,05, reliabilitas Cronbach’s Alpha Sebanyak 0.742, daya pembeda kriteria minimal cukup, serta tingkat kesukaran dengan minimal mudah, kepraktisan sebesar 97%, keefektifan dengan Uji Gain Ternomalisasi sebesar 0,68 bahwa peningkatan belajar siswa berkategori ‘sedang’. Berdasarkan hal tersebut, perangkat pembelajaran model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) berbantu Media Fractions Board materi pecahan kelas III Sekolah Dasar dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model CORE, Pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 07:40
Last Modified: 09 Apr 2021 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item