PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 01 KARANGSUMBER

Tetuwuh, Diana (2020) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 01 KARANGSUMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran tidak hanya kondisinya saja yang menyenangkan akan tetapi motivasi dari siswa juga berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.Untuk menumbuhkan motivasi siswa perlu di ujicobakan model yang tepat yang bisa membangkitkan motivasi siswa. Sebuah inovasi perbaikan dari hal sebelumnya untuk mendukung proses pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar melalui pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching And Learning mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 01 Karangsumber. Evaluasi dilakukan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa. Lembar observasi ini digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas guru dan siswa, dan juga memperoleh data aktivitas siswa. Hasil yang di capai dalam penelitian ini tentang motivasi siswa adalah pada siklus I mendapat jumlah skor 2250 dengan persentase 75% dan termasuk kriteria motivasi siswa baik. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat sangat bagus, yaitu dengan jumlah skor keseluruhan 2758 dengan persentase 91,93% dan termasuk pada kriteria motivasi siswa sangat baik.Kemudian untuk hasil evaluasi belajar siswa jumlah keseluruhan nilai evaluasi pada siklus I diperoleh dengan rata-rata kelas 73,5 dengan ketuntasan belajar siswa 65%. Pada siklus II, diperoleh hasil evaluasi belajar siswa yang meningkat dengan rata-rata 80,05 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 90% dari jumlah seluruh siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 01 Karangsumber. Metode pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching And Learning dapat di jadikan acuan sebagai bahan kajian pembelajaran bagi guru untuk digunakan di kelas V SD Negeri 01 Karangsumber, sebagai metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, IPA, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:05
Last Modified: 08 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18709

Actions (login required)

View Item View Item