IMPROVING STUDENT’S WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING INSTAGRAM POSTS AS VISUAL MEDIA AT SMA N 2 SEMARANG IN ACADEMIC YEAR 2019/2020

PRATAMA, ALFIN CANDRA ADI (2020) IMPROVING STUDENT’S WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT BY USING INSTAGRAM POSTS AS VISUAL MEDIA AT SMA N 2 SEMARANG IN ACADEMIC YEAR 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang dipelajari dalam Bahasa inggris. Di dalam menulis, orang dapat mengungkapkan ide-ide dan pendapatnya dalam bentuk tulisan. Di era virtual ini, proses pembelajaran menulis menggunakan internet sudah cukup lazim bagi para pendidik. Salah satu jenis media internet yang digunakan dalam belajar menulis adalah Instagram. Instagram merupakan social media berbasis foto. Instagram yang digunakan dalam usaha meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI pada SMA N 2 Semarang. Terdapat satu pertanyaan yang dirumuskan dalam penelitian ini. (1) apakah pengunaan instagram sebagai media visual dalam kelas menulis efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dekriptif teks? Metode yang digunakan dlama penelitian ini ada penelitian eksperimental. Partisipan peneilitan ini adalah para siswa kelas XI IPS 1 pada tahun akademik 2019/2020. Dalam penelitian ini instrument yang dipakai adalah tes tertulis berupa pre-test dan post-test dan wawancara. Seluruh siswa akan mendapatkan test terlulis. Kemudian peneliti akan memilih 10 dari 36 siswa untuk diwawancarai berdasarkan hasil post test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar partisipan memiliki respon positif terhadap penggunaan instagram sebagai media pembelajaran menulis. Instagram dapat memberikan fitur write caption pada foto yang ingin diupload dan para siswa juga dapat memberikan komentar pada kolom komentar di instagram, selain itu banyaknya foto yang di upload di instagram memudahkan siswa untuk membuat teks dekripsi. Bagaimanapun, tetap ditemui beberapa masalah dalam penggunaan instagram seperti takut untuk membuat kesalahan dalm menulis caption karena mereka kurang percaya diri dalam menulis caption menggunakan Bahasa inggris. Selain itu karna instagram adalah social media berbasis foto, jika ingin membuat suatu caption maka pengguna harus mengunggah foto atau video terlebih dahulu, dan kedala terjadi ketika para murid tidak memiliki foto atau gambar yang ingin mereka unggah Kata kunci : Teks Deskriptif, Instagram, Writing skill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:59
Last Modified: 08 Apr 2021 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item View Item