PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS NEGOSIASI BERMUATAN FENOMANA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS X SMA KOTA SEMARANG

Nor Za’imah, Devi (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS NEGOSIASI BERMUATAN FENOMANA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS X SMA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Bahan ajar berkedudukan sebagai suatu alat atau sarana yang di dalamnya memerlukan sebuah pembaruan materi pembelajaran agar mencapai suatu kompetensi bagi peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang, SMA Al-Fatah, dan MAN 2 Semarang, diketahui bahwa dalam pembelajaran menulis teks negosiasi guru mengalami kesulitan dalam penyusunan bahan ajar. Selama ini ketika guru mengajar hanya mengandalkan bahan ajar dari LKS dan buku paket yang isinya terbatas pada setiap materinya, dengan hal ini guru mengalami kesulitan karena keterbatasan sumber bahan ajar agar peserta didik dapat mencapai kompetensi. Dilihat dari tujuan materi negosiasi yang diajarkan bahwa dalam belajar peserta didik harus dapat memecahkan layanan publik. Penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual ini diharapkan peserta didik mampu meningkatkan keterampilan dalam mengelola sumber informasi, belajar mengambil informasi, dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian akan dihubungkan atau diimplementasikan dengaan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kebutuhan peserta didik dan guru dalam mengembangkan bahan ajar teks negosiasi bermuatan fenomena sosial dengan pendekatan kelas X SMA Kota Semarang; (2) menyusun prototipe bahan ajar teks negosiasi bermuatan fenomena sosial dengan pendekatan kelas X SMA Kota Semarang; (3) mendeskripsikan penilaian oleh ahli mengenai bahan ajar teks negosiasi bermuatan fenomena sosial dengan pendekatan kontekstual kelas X SMA Kota Semarang; (4) memperbaiki prototipe bahan ajar teks negosiasi bermuatan fenomena sosial dengan pendekatan kontekstual kelas X SMA Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan prosedur penelitian yang dilakukan, yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain prototipe, 4) uji validasi prototipe, dan 5) revisi prototipe. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik SMA untuk memperoleh data kebutuhan dan ahli validasi pada bidang pengembangan bahan ajar teks negosiasi untuk memperoleh uji validasi produk. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu 1) teknik wawancara, 2) teknik angket, dan 3) dan teknik angket uji validasi. Data tersebut dikumpulkan kemudian dianalisis menjadi dua yaitu data analisis kebutuhan buku bahan ajar dan data uji validasi ahli. Prototipe bahan ajar yang dikembangkan mengacu pada Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan yang memenuhi unsur 1) kulit buku, 2) bagian awal, 3) isi, dan 4) bagian akhir. Prototipe bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji validasi oleh ahli. Adapun hasil penilaian yang diperoleh, yaitu penilaian aspek materi atau isi sebanyak 89.59, penilaian aspek penyajian sebanyak 93.75, penilaian aspek kebahasaan dan keterbacaan sebanyak 83.33, dan aspek grafika sebanyak 82,15. Secara keseluruhan prototipe bahan ajar teks negosiasi bermuatan fenomena sosial masuk dalam kategori sangat baik. Saran dari peneliti berdasarkan temuan tersebut yaitu peserta didik hendaknya meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks negosiasi dan untuk peneliti lain peneliti menyarankan untuk peneliti lain agar mengadakan penelitian lanjutan guna menguji keefektifan bahan ajar teks negosiasi bermuatan fenomena sosial dengan pendekatan kontekstual kelas X SMA sehingga dapat digunakan secara maksimal. Kata Kunci : Bahan ajar, teks negosiasi, muatan fenomena sosial, pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:42
Last Modified: 08 Apr 2021 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18672

Actions (login required)

View Item View Item