PENGARUH KEPUASAN DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP BRAND EQUITY TENTANG RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

KHANIF, MUHAMMAD (2020) PENGARUH KEPUASAN DAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP BRAND EQUITY TENTANG RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (489kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)

Abstract

Saat ini Rumah Sakit swasta bersaing dalam membangun merek dan reputasi yang berkualitas dengan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Hal ini memicu Rumah Sakit harus senantiasa melayani pasien dengan ramah dan nyaman. Namun, berbeda dengan Rumah Sakit Islam Sultan Agung dalam kurun waktu tahun 2020 ini mengalami penurunan yang mengakibatkan pandangan masyarakat meragukan pelayanan Rumah Sakit Tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepuasan dan persepsi pasien terhadap brand equity Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan teori Branding dimana kekuatan brand dapat mengikat loyalitas pelanggan dengan tingkatan brand seperti atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian, dan pemakai. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, maka pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kemudian analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian semua item pertanyaan dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas semua variabel kepuasan pasien sebesar 0,966 variabel persepsi pasien sebesar 0,914 dan brand equity sebesar 0,927. Selain itu nilai signifikasi uji t variabel kepuasan dan persepsi pasien terhadap brand equity Rumah Sakit adalah 0,000, hal tersebut menunujukan bahwa kepuasan dan persepsi pasien berpengaruh nyata terhadap brand equity Rumah Sakit. Variabel Kepuasan Pasien dan Persepsi Pasien secara simultan berpengaruh terhadap Brand Equity Rumah Sakit dikategorikan memiliki angka tinggi yaitu 82,7%. Keterbatasan penelitian yaitu responden hanya satu tempat yang artinya belum bisa digeneralisasikan atau karakteristik kurang beragam dan saran untuk penelitian selanjutnya lebih aktif, teliti dan perbanyak wawasan dengan membaca buku dan jurnal. Kata Kunci: Rumah Sakit; kepuasan; persepsi pasien; brand equity

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:45
Last Modified: 07 Apr 2021 07:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item