REPRESENTASI NILAI FEMINISME PADA IKLAN VIDEO HEINZABC (ANALISIS SEMIOTIKA PADA VIDEO IKLAN HEINZABC DENGAN JUDUL KESETARAAN DALAM PERNIKAHAN)

Nurani, Galih Dinda (2020) REPRESENTASI NILAI FEMINISME PADA IKLAN VIDEO HEINZABC (ANALISIS SEMIOTIKA PADA VIDEO IKLAN HEINZABC DENGAN JUDUL KESETARAAN DALAM PERNIKAHAN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (167kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (393kB)

Abstract

Feminisme adalah gerakan yang berangkat dari asumsi dan kesadaran akan adanya diskriminasi dan eksploitasi yang dialami oleh perempuan dalam masyarakat. Iklan Kecap ABC “Kesetaraan dalam Pernikahan” merupakan iklan yang mengangkat tema feminisme melalui kampanye “Suami Sejati Mau Masak”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi nilai feminisme dalam iklan kecap ABC pada video iklan Kecap ABC di Kanal Youtube HeinzABC. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa representasi nilai feminisme Pada Iklan Video HeinzABC dengan Judul “Kesetaraan dalam Pernikahan” ditunjukkan melalui bentuk kekaguman sang anak kepada sang ibu dimana sang ibu, mampu melakukan berbagai hal mulai dari bangun pagi, memasak dan juga bekerja. Hal ini menunjukkan bahwa selain bisa memasak dan mengurus rumah perempuan juga bisa bekerja layaknya laki-laki. Namun tidak semua laki-laki mampu mengerjakan hal yang dikerjakan oleh seorang perempuan yang mempunyai banyak peran yaitu sebagai seorang ibu, seorang istri serta dan juga sebagai pekerja. Penelitian ini hanya representasi nilai feminisme pada menggunakan analisis semiostika dengan paragdigma konstruktif. Perlu adanya penggunaan metode analisis yang berbeda agar mampu memberikan gambaran yang lebih lengkap dan lebih luas mengenai representasi nilai feminisme. Kata Kunci: representasi, feminisme, semiotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:29
Last Modified: 07 Apr 2021 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item View Item