PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK DISABILITAS RUNGU Studi Terhadap Siswa Disabilitas Rungu SLB Negeri Semarang

Laras Megan Pratama, Fayola Amalberga (2020) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK DISABILITAS RUNGU Studi Terhadap Siswa Disabilitas Rungu SLB Negeri Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover_1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Abstrak_1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Lampiran_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Anak disabilitas rungu adalah anak dengan keterbatasan pendengaran baik sebagian maupun seluruhnya, dan biasanya diikuti dengan keterbatasan berbicara. Hal ini menyebabkan anak disabilitas rungu kesulitan dalam mendapat infromasi cara menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, sehingga masih banyak anak disabilitas rungu yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut. Keterbatasan informasi cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang dimiliki anak disabilitas rungu dapat diatasi dengan memodifikasi media yang digunakan dalam menyampaikan informasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media ular tangga terhadap tingkat kebersihan gigi dan mulut anak disabilitas rungu di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experimental dengan one-grup pre-test and post-test design. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa disabilitas rungu di SLB Negeri Semarang yang sesuai dengan kriteria inklusi, sejumlah 45 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Data diambil dari OHI-S sebelum penyuluhan pada hari pertama dan OHI-S setelah penyuluhan pada hari terakhir. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Marginal Homogeneity Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada hasil data OHI-S sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan menggunakan permainan ular tangga yang artinya terdapat pengaruh pada penyuluhan menggunakan permainan ular tangga terhadap tingkat kebersihan gigi dan mulut anak disabilitas rungu karena terjadi peningkatan OHI-S sesudah dilakukan penyuluhan dengan permainan ular tangga. Kesimpulan yang diperoleh adalah penyuluhan menggunakan permainan ular tangga berpengaruh terhadap tingkat kebersihan gigi dan mulut pada anak disabilitas rungu. Kata kunci : permainan ular tangga, anak disabilitas rungu, OHI-S

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Mar 2021 06:38
Last Modified: 31 Mar 2021 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18446

Actions (login required)

View Item View Item