Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Analisis Balance Score Card (Studi Kasus: INdustri Kecil Menengah "Zie Batik")

Hermawan, Wahyu Giri (2014) Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Analisis Balance Score Card (Studi Kasus: INdustri Kecil Menengah "Zie Batik"). Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

IKM Zie Batik merupakan salah satu industri batik yang menerapkan penilaian kinerja secara tradisional. Selain itu, jika dibanding dengan perusahaan sejenis (benchmarking) yang memiliki core business yang sama IKM Zie Batik menunjukkan kinerja yang belum optimal. Oleh karena itu diperlukan adanya standar pengukuran kinerja yang pasti untuk mengukur kinerja IKM Zie Batik. Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu alat pengukuran kinerja yang mampu menghasilkan Key Performance Indicator (KPI) sebagai tolok ukur kinerja perusahaan. Untuk mengetahui kinerja IKM Zie Batik dengan berdasarkan metode Balanced Scorecard diperlukan suatu metodologi penelitian yang harus dilakukan antara lain penjabaran visi dan misi, analisis SWOT untuk menghasilkan sasaran-sasaran strategi tiap perspektif, validasi sasaran strategi, peta strategi, identifikasi KPI, validasi KPI, pembobotan KPI dengan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), spesifikasi dan formulasi KPI serta pengukuran KPI dan kinerja perusahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 11 sasaran strategi dengan 16 KPI perusahaan yang terdiri dari 3 KPI Perspektif Keuangan, 4 KPI Perspektif Pelanggan, 7 KPI perspektif Proses Bisnis Internal, serta 2 KPI Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Sedangkan Skor total Balanced Scorecard yaitu 87,553. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kinerja IKM Zie Batik termasuk kategori sangat baik. Perspektif keuangan memberikan kontribusi terbesar yaitu 48,100 dengan pencapaian target 95,17%. Kontribusi perspektif pelanggan 20,983 dengan pencapaian target 77,93%, kontribusi perspektif proses bisnis internal adalah 9,445 dengan pencapaian target 92,77%; serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran 9,025 dengan pencapaian target 87,5%. Kata kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analisis SWOT, Key Performance Indicator (KPI), Analytical Hierarchy Process (AHP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:49
Last Modified: 23 Dec 2015 03:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item