FARIH, IDA NAILIL (2020) IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN AUTENTIK) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 4 DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Cover.pdf Download (555kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (116kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (117kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (665kB) |
|
Text
Abstraksi.pdf Download (129kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (166kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
Abstract
Penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara menyeluruh dengan tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian tersebut terdapat dalam kurikulum 2013 yang dinamakan dengan penilaian autentik. SMP Negeri 4 Demak merupakan sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penilaian yang telah dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam sudah sesuai atau belum pada standar penilaian autentik yang ada pada kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut dan pengelolaan hasil penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Demak. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif sehingga teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan penilaian autentik dilakukan dengan baik dibuktikan dengan penyusunan rencana penilaian yang terdapat dalam RPP, pembuatan kisi-kisi penilaian, pembuatan instrumen penilaian dan penetapan acuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (2) Pelaksanaan penilaian autentik berjalan efektif dan sudah sesuai dengan standar penilaian autentik dalam kurikulum 2013 yang mencakup tiga aspek yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. (3) Tindak lanjut dilakukan dengan baik berupa pengadaan program remedial (bagi peserta didik yang belum memenuhi KKM) dan pengayaan (bagi peserta didik yang sudah/sangat melampaui KKM), sedangkan pengelolaan hasil penilaian autentik dilakukan dengan baik dan sudah sesuai dengan standar pengolahan penilaian pada kurikulum 2013. Kata kunci : Implementasi, Penilaian Autentik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 02:23 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 02:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18130 |
Actions (login required)
View Item |