UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4

NIDA, IZZATIN (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani perundungan. Penelitian ini berawal dari adanya bentuk keprihatinan penulis terkait kasus perundungan yang banyak ditemukan di lingkungan sekolah. Melihat dampat terberat dari kasus perundungan seperti tindakan bunuh diri menjadikan salah satu titik perhatian penulis untuk melihat penanganan dari perundungan ini. Penelitian ini membahas tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menganani Perundungan di SMP Islam Sultan Agung 4. Dalam penelitian ini penulis membahas tentang bentuk-bentuk perundungan, upaya guru PAI dalam menangani perundungan dan hasil dari penanganan perundungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan triangulasi data. Setelah penulis melakukukan penelitian di SMP Islam Sultan Agung 4, penulis menemukan bentuk perundungan diantaranya perundungan verbal masih banyak ditemukan di lingkungan sekolah. Kedua perundungan relasional diantaranya mengucilkan teman, dan meyebarkan berita bohong Dalam hal ini peneliti juga menemukan beberapa tindakan nyata dari guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani perundungan. Salah satu bentuk-bentuk upayanya ialah menanamkan nilai-nilai agama khususnya terkait larangan melakukan perundungan dari pandangan Islam ketika mengajar dalam kelas. Kedua memberikan sanksi dengan pemberian hukuman yang ada kaitanya tentang agama contohnya menulis istighfar, sholat dhuha, dan hafalan surah. Ketiga memberikan pembinaan terhadap peserta didik yang melakukan perundungan. Dari beberapa upaya yang telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama tersebut terbukti sudah cukup efektif karena setelah mendapatkan penanganan, menurut data dari 5 kasus yang tercatat pada tahun 2018, pada tahun 2019 mrnurun menjadi 3 kasus yang tercatat. Kata Kunci : Perundungan, Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani perundungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:20
Last Modified: 02 Mar 2021 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item View Item