ANALISA PENJADWALAN PRODUKSI FLOWSHOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE CDS (CAMPBELL, DUDEK, AND SMITH), NEH (NAWAZ, ENSCORE, AND HAM), DAN ALGORITMA TABU SEARCH (Studi Kasus Pada CV Indo Rubber Factory)

NINGSIH, SETIA (2020) ANALISA PENJADWALAN PRODUKSI FLOWSHOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE CDS (CAMPBELL, DUDEK, AND SMITH), NEH (NAWAZ, ENSCORE, AND HAM), DAN ALGORITMA TABU SEARCH (Studi Kasus Pada CV Indo Rubber Factory). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (620kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CV Indo Rubber Factory adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang compound vulkanisir ban. Perusahaan memproduksi compound ban dari bahan mentah sampai menjadi produk setengah jadi yang selanjutnya akan diproses oleh perusahaan lain. Pola aliran proses pada CV Indo Rubber Factory bersifat flow shop dan memproduksi barang sesuai dengan pesanan konsumen (make to order). Permasalahan yang terjadi pada CV Indo Rubber Factory ialah belum adanya penjadwalan yang optimal untuk memenuhi waktu produksi yang telah ditentukan oleh konsumennya, hal ini dikarenakan beberapa mesin mengalami idle time pada saat proses produksi berlangsung yang berpengaruh pada total waktu penyelesaian seluruh job. Target produksi dengan 14,356 ton dan selesai pada waktu 20 hari, namun perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan yang ada dengan aktual penyelesaian 21 hari. Apabila keadaaan seperti ini berlanjut, dapat menimbulkan turunnya kepuasan konsumen dan tingkat kepercayaan yang akan berpengaruh terhadap kerugian perusahaan, baik berupa keuntungan penjualan maupun kehilangan pesanan di masa yang akan datang. Berdasarkan kondisi tersebut diperlukan adanya metode penjadwalan produksi yang handal untuk mendukung kinerja yang optimal dengan meminimasi makespan. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan tiga metode yaitu CDS, NEH, dan Algoritma Tabu Search diperoleh nilai makespan sebesar 9598,5 menit atau 20 hari, 8828,4 menit atau 19 hari, dan 8828,4 menit atau 19 hari dan idle time 13474,06 menit, 12285,9 menit, dan 12285,9 menit. Urutan pengerjaan job dengan metode CDS yaitu F-I-B-E-H-A-G-C-D-J, urutan dengan metode NEH F-I-B-E-G-D-J-H-C-A , dan urutan dengan algoritma Tabu Search yaitu F-B-C-D-J-E-G-H-I-A. Ketiga metode tersebut mampu menyelesaikan permasalahan yang ada diperusahaan dan memberikan parameter performansi yang lebih baik dibandingkan metode perusahaan yang menerapkan aturan FCFS dengan makespan 9902,99 menit atau 21 hari dan idle time 14375,12 menit. Sehingga rekomendasi yang diberikan oleh peneliti dalam permasalahan perusahaan ini adalah dengan menggunakan metode penjadwalan NEH dan Tabu Search karena memliki nilai makespan dan idle time yang lebih baik. . Kata kunci: Penjadwalan, Flow Shop, CDS, NEH, Algoritma Tabu Search

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Nov 2020 05:54
Last Modified: 16 Nov 2020 05:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item