PENGARUH EDUKASI DENGAN KOMBINASI VIDEO ANIMASI DAN MENDONGENG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN GEBANGSARI 01 SEMARANG

LATIFAH, ILMA (2020) PENGARUH EDUKASI DENGAN KOMBINASI VIDEO ANIMASI DAN MENDONGENG TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN GEBANGSARI 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (634kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (361kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (432kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (237kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
S1 Ilmu Keperawatan_30901602059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Latar Belakang : Anak – anak usia 6 -11 tahun potensial mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Salah satu penyebab nya adalah kurangnya pengetahuan. Pengetahuan dibutuhkan untuk meningkatkan informasi dengan media pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, dengan pemberian edukasi sedini mungkin salah satunya dengan kombinasi video animasi dan mendongeng dapat meningkatkan pengetahuan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh edukasi kesehatan dengan kombinasi video animasi dan mendongeng terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan rancangan one group pretest – posttest design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari 8 pertanyaan. Jumlah responden sebanyak 56 dengan teknik kuota sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan hasil terdapat pengaruh karena menggunakan video animasi berdurasi 10 menit dan mendongeng 15 menit. Hasil: Hasil uji Wilcoxon didapatkan p-value 0,022 (<0,05). Hal tersebut menjelaskan bahwa ada pengaruh peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dengan kombinasi video animasi dan mendongeng Simpulan dan saran : Edukasi dengan kombinasi video animasi dan mendongeng dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan 2 kelompok yaitu intervensi dan kontrol supaya dapat melihat perbandingan. Kata kunci : pengetahuan, anak usia sekolah, kesehatan gigi dan mulut, video animasi, mendongeng Daftar pustaka : 79 (2007 – 2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:56
Last Modified: 26 Oct 2020 01:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item