HUBUNGAN PENERAPAN SIMPUS PADA BAGIAN FARMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN Studi Observasional di Puskesmas Wilayah Semarang

Devy, Alya Luthvia (2020) HUBUNGAN PENERAPAN SIMPUS PADA BAGIAN FARMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN Studi Observasional di Puskesmas Wilayah Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (820kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi informasi untuk mencapai tujuan manajemen Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan SIMPUS pada bagian farmasi dengan kepuasan pasien di Puskesmas Gunungpati dan Lebdosari Semarang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur menggunakan kuisioner kepada pasien yang mengantri di bagian farmasi untuk memberikan penilaian mengenai kepuasan pasien dan petugas SIMPUS dibagian farmasi untuk memberikan penilaian mengenai penerapan SIMPUS di puskesmas wilayah Semarang. Hasil uji Rank Spearman antara faktor human dalam penerapan SIMPUS dengan kelima dimensi variabel kepuasan pasien terhadap kepuasan pasien pada bagian farmasi didapatkan nilai p > 0,05. Antara faktor organisasi dengan dimensi assurance variabel kepuasan didapatkan nilai p = 0,028 (p<0,05) tetapi nilai korelasi yang diperoleh sebesar -0,402. Dalam faktor teknologi dengan kelima dimensi variabel kepuasan pasien didapatkan nilai p > 0,05. Berdasarkan hasil korelasi Rank Spearman diperoleh nilai p sebesar 0,155 (p>0,05) artinya tidak terdapat hubungan penerapan SIMPUS dengan kepuasan pasien pada bagian farmasi di puskesmas. Kata Kunci : penerapan SIMPUS pada bagian farmasi, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:27
Last Modified: 04 Sep 2020 07:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item View Item