IMPLEMENTASI METODE USWAH (KETELADANAN) DALAM PEMBINAAN AKHLAQ SISWA DI SMPN 1 WARUNGPRING PEMALANG

ADNAN, MUHAMAD MA'MUN (2019) IMPLEMENTASI METODE USWAH (KETELADANAN) DALAM PEMBINAAN AKHLAQ SISWA DI SMPN 1 WARUNGPRING PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (858kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
referensi.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Metode Uswah atau Keteladanan Sesuai dengan UU No.20 Tahun 2003 ditegaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan memiliki kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami fungsi agama dalam kehidupan sehari-hari, beberapa peserta didik sudah menjalankan ajaran Rosulluah SAW dengan baik ada juga peserta dididk yang sudah mengetahui namun tidak mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi mengesampingkan sesuatu yang berkaitan dengan sosial keagamaan, untuk dapat mengimplementasikan masalah nilai-nilai keislaman. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman pada siswa melalui Metode Uswah ( Keteladanan ) diharapkan dapat menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Warungpring Pemalang dari bulan Juni dan berakhir bulan Agustus 2019. Subyek penelitian adalah guru dan siswa, informan dalam penelitian ini adalah Guru Agama, Kepala Sekolah, Guru BP dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan yang dipakai trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Nilai-nilai keislaman pada siswa dengan Metode Uswah ( Keteladanan ) di SMPN 1 Warungpring adalah sebagai berikut: a) Sholat duhur berjama‟ah, b). Sholat duha, c). Berjabat tangan dan mengucap salam, d) Tadarus sebelum pembelajaran dimulai, e) membaca Do‟a sebelum dan sesudah belajar dan f) Pengumpulan dana sosial. pembiasaan yang diterapkan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran keislaman di SMPN 1 Warungpring Pemalang baru sampai tahap transaksi nilai sehingga perlu upaya lain agar mencapai tahap transinternalisasi nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:44
Last Modified: 16 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item