DESIGN STANDARD TOLL ROAD IN INDONESIA

Sakti, Oktaditya Mahya Aghnia (2019) DESIGN STANDARD TOLL ROAD IN INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Jalan tol adalah bagian dari sistem transportasi nasional yang memiliki peran penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan yang dikembangkan melalui pendekatan pembangunan daerah untuk mencapai keseimbangan dan pembangunan yang adil antar daerah, membentuk dan memperkuat persatuan nasional guna memperkuat pertahanan dan keamanan bangsa, dan membuat struktur ruang untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Pada dasarnya standar jalan tol hanya menggunakan perkerasan lentur. Untuk mendapatkan perkerasan dengan kondisi maksimal, diperlukan desain yang tepat. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk membuat desain perkerasan lentur dengan baik. Perhitungan struktur perkerasan akan dilakukan dengan metode AASHTO 1993. Metode AASHTO memiliki tahapan dan pengembangan sehingga akan dikhususkan untuk menggunakan metode jalan tol AASHTO 1993. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data tentang jenis-jenis tanah di Indonesia yaitu lempung organik, lempung kelanauan, lempung kerikilan, dan pasir kelempungan dari literatur buku yang sudah ada. Kemudian mengumpulkan data lalu lintas yang diambil dari volume harian rata-rata jalan pantura jawa pada tahun 2018 dari Direktorat Jendral Bina Marga, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan perkerasan lentur jalan tol. Perhitungan menggunakan empat jenis tanah dengan CBR yang berbeda-beda, lempung organik dengan nilai CBR 2 - 4%, lempung kelanauan dengan nilai CBR 4 - 6%, lempung kerikilan dengan nilai CBR 6 - 8 %%, dan pasir kelempungan dengan nilai CBR 8 - 10%. Rencana usia untuk desain perkerasan lentur pada jalan tol adalah 20 tahun. Hasil dari desain perkerasan lentur adalah tebal perkerasan lentur yaitu, untuk lempung organik 37", lempung kelanauan 31", lempung kerikilan 28", dan pasir kelempungan 24". Dapat disimpulkan bahwa, dengan beban yang sama dan umur desain yang sama tetapi menggunakan jenis tanah yang berbeda dengan nilai CBR yang berbeda akan mempengaruhi ketebalan lapisan struktur perkerasan lentur pada jalan tol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:02
Last Modified: 05 Mar 2020 06:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16886

Actions (login required)

View Item View Item