PERANAN KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PURWOREJO DALAM UPAYA MENYELESAIKAN SENGKETA HIBAH. ( PERKARA No.32 / Pdt.G / 2018 / PN.Pwr)

Kismantoro, Bayun (2019) PERANAN KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PURWOREJO DALAM UPAYA MENYELESAIKAN SENGKETA HIBAH. ( PERKARA No.32 / Pdt.G / 2018 / PN.Pwr). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (383kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (504kB)

Abstract

Banyaknya kasus sengketa di Kabupaten Purworejo khususnya di bidang pertanahan tentu membuat penulis tertarik meneliti kasus sengketa serta melakukan penelitian dari pertimbangan hakim melalui putusan yang sudah ditetapkaan. Sengketa pertanahan,adalah segala sesuatu yang menyebabkan perbedaan pendapat, pertikaian atau perbantahan. Sengketa merupakan kelanjutan dari konflik, sedangkan konflik itu sendiri adalah suatu perselisihan antara dua pihak, tetapi perselisihan itu hanya dipendam dan tidak diperlihatkan dan apabila perselisihan itu diberitahukan kepada pihak lain maka akan menjadi sengketa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1)Bagaimana Peranan Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo Dalam Upaya Menyelesaikan Sengketa Hibah Dalam Perkara No.32/Pdt.G/2018/PN.Pwr, 2)Bagaimana Pertimbangan Hakim Dalam Perkara No.32/Pdt.G/2018/PN.Pwr Tentang Sengketa Hibah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Normatif (normative legal research) disebut demikian dikarenakan penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan dasar putusan No.32/Pdt.G/2018/PN.Pwr. Bahwa penelitian yuridis normatif membahas doktrin-doktrin atau asas-asas dalam ilmu hukum. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Peranan Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo Dalam Upaya Menyelesaikan Sengketa Hibah Dalam Perkara No.32/Pdt.G/2018/PN.Pwr berperan memberikan bukti-bukti dalam persidangan untuk menunjang bukti yang kuat. 2)Pertimbangan Hakim Dalam Perkara No.32/Pdt.G/2018/PN.Pwr Tentang Sengketa Hibah. Hakim menawarkan langkah awal mediasi sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkaan bahwa memberikan bukti-bukti dalam persidangan untuk menunjang bukti yang kuat dalam kasus sengketa hibah dari Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo, pertimbangan hakim yaitu penggugat telah berhasil membuktikaan dalil gugatanya sebagian dalam apa yang dia tuntut dari gugatanya tersebut. Kemudian majelis hakim menjatuhkan putusan. Saran bagi Kantor Pertanahan Purworejo harapanya untuk lebih berhati-hati dalam proses pencatatan sertifikat dan Rasa keadilan sangatlah penting bagi Hakim dalam menjatuhkan segala putusan. Kata Kunci: Kantor Pertanahan, Sengketa Hukum, Hibah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:08
Last Modified: 03 Mar 2020 04:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item