Mahardhika, Aditya Fajar (2014) STRATEGI KAMPANYE POLITIK TIM SUKSES CALON WALIKOTA TEGAL PASANGAN Hj. SITI MASITHA SOEPARNO DAN Drs. HM. NURSHOLEH, M.Pd. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs. HM. NURSHOLEH, MPd berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah Walikota Tegal secara langsung pada Pemilukada Kota Tegal Tahun 2013. Pemilihan Walikota Tegal ini menunjukkan fenomena baru dalam babak kehidupan politik di sebagian besar wilayah Indonesia, dimana pasangan calon walikota ini mengalahkan sosok incumber yakni H. IKMAL JAYA, SE, Ak dan EDY SURIPNO, SH. Penelitian ini menekankan pada bagaimana strategi yang dipergunakan dalam komunikasi politik terutama dalam pelaksanaan kampanye oleh tim sukses Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs. HM. NURSHOLEH, MPd dalam Pemilukada tersebut. Beberapa aspek yang tercakup di dalamnya, antara lain melihat susunan tim sukses, strategi karnpanye dan pelaksanaanya, hingga mampu meraih kemenangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye Tim Sukses lebih difokuskan pada strategi emotional branding yang didukung teori empati hemopili dan teori Komunikasi Harold D. Lasswell. Tim Sukses ini cukup efektif dan optimal yang akhirnya menang dalam Pemilukada tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, strategi kampanye yang dilakukan dengan emotional branding rnampu menyentuh hati warga masyarakat dan menjadi harapan masyarakat untuk kemajuan kota Tegal di masa mendatang, strategi ini berhasil dalam mempopulerkan dan menghasilkan nilai positif untuk memenangkan pemilihan walikota Tegal tersebut. Strategi emotional branding mampu membangun popularitas dan opini positif masyarakat terhadap Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs. HM. NURSHOLEH, MPd sehingga mampu mengalahkan pasangan incumber. Tanpa perlu melakukan kontra opini terhadap kampanye negatif. Hal yang perlu dibenahi dalam strategi emotional branding Tim Sukses ini adalah terus melakukan evaluasi terhadap pendekatan emosi dan harapan yang diinginkan masyarakat, perneliharaan popuiaritas melalui emotional branding lebih memerlukan langk� � � � ñ� �� � � ��� ÷�� � � �•� � dengan masyarakat sehingga perlu dikembangkan kreativitas berupa variasi kegiatan untuk menghilangkan kebosanan pada masyarakat. Implikasi aspek akademis, penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan perbaikan konsep strategi manajemen Tim Sukses Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs. HM. NURSHOLEH, MPd di masa depan. Penelitian juga ini dapat dimanfaatkan secara praktis untuk bahan pertimbangan memformulasikan strategi seorang kandidat calon walikota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Dec 2015 02:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2015 02:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1666 |
Actions (login required)
View Item |