PENGARUH KEPEMIMPINAN OTOKRATIK TERHADAP KINERJA DENGAN ORIENTASI PEMBELAJARAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

PRAMESTUTI, AGUSTINA WILUJENG (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN OTOKRATIK TERHADAP KINERJA DENGAN ORIENTASI PEMBELAJARAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (405kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan otokratik pada kinerja dengan orientasi pembelajaran sebagai variabel mediasi dan menguji pengaruh jarak kekuasaan sebagai variabel moderasi dalam pengaruh kepemimpinan otokratik pada orientasi pembelajaran. Pengukuran variabel yang digunakan mengadopsi pengukuran variabel yang digunakan oleh Cheng et al., (2004) untuk variabel kepemimpinan otokratik. Pengukuran variabel orientasi pembelajaran mengadopsi pengukuran yang digunakan oleh VandeWalle (1997), kinerja bawahan mengadopsi pengukuran yang digunakan oleh Koopmans et al., (2012), dan jarak kekuasaan mengadopsi pengukuran yang digunakan oleh Dorfman dan Howell (1988). Pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan kuisioner dengan purposive sampling kepada 237 pengurus struktural PDI Perjuangan di Jawa Tengah. Tingkat penerimaan kuisioner yang dapat diolah sebanyak 202 dengan persentase 85,23%. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square dan Sobel Test untuk menguji model penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan otokratik berpengaruh positif pada kinerja organisasi di PDI Perjuangan. Kepemimpinan otokratik juga berpengaruh positif pada orientasi pembelajaran. Orientasi pembelajaran berpengaruh positif pada kinerja organisasi. Orientasi pembelajaran juga memediasi pengaruh kepemimpinan otokratik pada kinerja organisasi., jarak kekuasaan tidak memoderasi pengaruh kepemimpinan otokratik pada orientasi pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seluruh jajaran struktural partai tidak memiliki penilaian negatif terhadap implementasi kepemimpinan otokratik di internal PDI Perjuangan. Jajaran struktural PDI Perjuangan di Jawa Tengah memiliki keyakinan yang kuat bahwa sentralisasi wewenang pengambilan keputusan di pimpinan, merupakan langkah yang positif demi pencapaian tujuan organisasi dan akan memberikan manfaat positif bagi seluruh elemen organisasi. Penelitian di masa mendatang sebaiknya dilakukan pada sampel yang besar dan dilaksanakan secara longitudinal. Kata Kunci: Kepemimpinan Otokratik, Orientasi pembelajaran, Jarak Kekuasaan, Kinerja, Partai Politik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:00
Last Modified: 27 Feb 2020 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16590

Actions (login required)

View Item View Item