INDRIYANINGRUM, ERNA (2019) INNOVATION CULTURE, ADAPTATION CAPABILITY, TECHNOLOGY INFORMATION ADOPTION AND SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (870kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (371kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (244kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (102kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (199kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (341kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Keunggulan kompetitif berkelanjutan (sustainable competitive advantage) sangat penting bagi UMKM Indonesia dalam menghadapi tantangan sekaligus peluang persaingan pasar bebas dunia. Kata keberlanjutan atau sustainable diartikan sebagai jangka panjang, keunggulan bersaing yang tidak hanya untuk hari ini saja namun tetap harus berjalan secara terus-menerus dengan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki oleh internal perusahaan dan kemudian menyesuaikannya dengan kondisi eksternal perusahaan. Keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan tercapai melalui posisi sumber daya dan kapabilitasnya. Demikian juga dengan UMKM Batik di Jawa Tengah dan DIY, untuk dapat bersaing di dalam dan luar negeri harus mampu melihat dan merencanakan perjalanan usahanya dengan cermat, meningkatkan kemampuan manajerial dan sumber daya manusia. Menentukan strategi bisnis agar menjadi pemenang, bukan sebagai follower, berhasil merebut pasar dengan produk dan layanan yang berbeda dan unik, memberikan manfaat atau nilai tambah serta solusi kebutuhan pelanggan sangatlah penting. Namun sebagian besar UMKM Batik belum sepenuhnya sadar bahwa sumber daya berbentuk itangible yang sangat penting dan menentukan adalah budaya inovasi, yang proses pembentukannya sangat tergantung pada karakteristik pemimpin perusahaan yang dapat mendukung perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan kritis terhadap sumber daya yang dimilikinya untuk terlibat dalam usaha inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model teoritikal dan empirik, mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh variabel budaya inovasi terhadap variabel kemampuan adaptasi, variabel adopsi teknologi informasi, pengaruh variabel kemampuan adaptasi dan variabel adopsi teknologi informasi terhadap variabel keunggulan bersaing berkelanjutan UMKM Batik di Propinsi Jawa Tengah dan DIY. Jenis penelitian ini menggunakan tipe explanatory research atau tipe penelitian penjelasan, yang berusaha menjelaskan dan mengukur sejauhmana variabel-variabel tersebut berpengaruh untuk menguji hipotesis yang diajukan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara menggunakan kuesioner yang terdiri dari 26 item pertanyaan atau indikator dan diukur menggunakan Skala Likert mulai skor 1 (satu) yang berarti sangat tidak setuju sampai skor 5 (lima) yang berarti sangat setuju. Metode analisa menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa hipotesis satu, dua, tiga dan empat diterima, yaitu budaya inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan adaptasi dan adopsi teknologi informasi, kemampuan adaptasi dan adopsi teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing berkelanjutan. Kata Kunci : sustainable competitive advantage, innovation culture, adaptation capability,technology information adoption
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 06:45 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 06:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16577 |
Actions (login required)
View Item |