PENGARUH TULANGAN LATERAL PADA KEKANGAN KOLOM BETON BERSERAT KAWAT BAJA BERPENAMPANG PERSEGI

AMARIANSAH, WIDAYAT (2019) PENGARUH TULANGAN LATERAL PADA KEKANGAN KOLOM BETON BERSERAT KAWAT BAJA BERPENAMPANG PERSEGI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia termasuk daerah rawan gempa tektonik maupun vulkanik. Setelah menerima beban gempa, kolom berpeluang mengalami deformasi yang menyebabkan selimut beton terkelupas sehingga tinggal inti beton yang harus mempertahankan kekuatan dan daktilitasnya. Untuk itu kolom beton harus diperkuat tulangan lateral yang cukup pada bagian yang menerima beban puncak berupa momen maksimum. Penelitian Antonius dkk (2012) menghasilkan fakta baru bahwa penambahan serat kawat baja pada beton dapat meningkatkan daktilitas. Penelitian ini mengkaji kombinasi kemampuan tarik tulangan lateral dengan peningkatan daktilitas beton akibat penambahan serat baja dan pemasangan tulangan lateral, dengan cara melakukan eksperimen di laboratorium konstruksi. Pengujian dilakukan terhadap variasi mutu beton benda uji baik yang mengandung serat baja ataupun tidak dengan konfigurasi tulangan lateral yang berbeda-beda. Hasil pengujian divalidasi nilai peningkatan tegangan kekang beton saat beban puncak (K) terhadap model-model yang telah dikembangkan peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kekuatan dan daktilitas beton berserat terkekang dipengaruhi oleh : (1) kuat tekan beton (fc’), (2) konfigurasi dan rasio volumetrik tulangan lateral (ρs), (3) jarak antar tulangan lateral (s), (4) ada tidaknya serat baja pada beton. Kata kunci : tulangan lateral, kekangan, serat baja, kolom persegi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Feb 2020 05:32
Last Modified: 26 Feb 2020 05:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16507

Actions (login required)

View Item View Item