ANALISA SETTING OVER CURRENT RELAY PADA IDF MOTOR AUXILIARY BOILER DI PLTU TANJUNG JATI B DENGAN MENGGUNAKAN ETAP 12.6.0

ALAM, ACHMAD FARDI NOOR (2019) ANALISA SETTING OVER CURRENT RELAY PADA IDF MOTOR AUXILIARY BOILER DI PLTU TANJUNG JATI B DENGAN MENGGUNAKAN ETAP 12.6.0. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Induced Draft Fan (IDF) merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk menunjang keandalan pengoperasian pada PLTU Tanjung Jati B Unit 3&4 yang mana fungsinya untuk mejaga tekanan Boiler supaya sesuai dengan beban dan membawa debu sisa-sisa pembakaran menuju Electro Static Precipitator (ESP) untuk ditangkap debu terbangnya dan Flue gas desulfurization untuk difilter kandungan gas yang berbahaya untuk lingkungan sebelum dibuang ke cerobong asap (Chimney) oleh Booster Fan untuk dibuang pada ketinggian terterntu. Setiap Unit terdapat 2 buah IDF, permasalahan yang timbul apabila terjadi kerusakan pada peralatan tersebut seperti yang pernah terjadi pada IDF B Unit 4 PLTU Tanjung Jati B yang mana trip akibat short pada kabel sehingga berdampak pada tekanan dan aliran air udara untuk proses operasi Boiler tidak terpenuhi dan menyebabkan unit menjadi runback 278 MW Nett, sehingga daya yang dihasilkan pembangkit tidak bisa optimal 100% dan mengakibatkan unit menjadi derating dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini membahas tentang setting rele arus lebih dan koordinasinya untuk motor IDF 3500kW tegangan 10 kV pada Bus 10 kV Unit Board B. ETAP 12.6.0 digunakan untuk membantu perhitungan dan simulasi arus dan waktu rele. Parameter yang digunakan meliputi tegangan pada beban 10 kV, kapasitas motor IDF 3500 kW dengan faktor daya 84% dan efisiensi 95%, rasio trafo arus 400/5 A, karakter OCR Longtime Invers. Hasil menunjukkan bahwa diketahui settingan over current relay untuk TMS terlalu tinggi sehingga hampir mendekati Hot Startnya dan untuk Pickupnya juga terlalu tinggi sehingga dapat merusak kabel dan motor itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penyetelan ulang TMS sebesar 0,600 step atau T operation 0.6 detik, dan Pickupnya 3.341 . Kata kunci : Induced Draft Fan, derating, koordinasi rele arus lebih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:43
Last Modified: 18 Feb 2020 07:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item View Item