PENENTUAN STRATEGI SUSTAINABILITY USAHA PADA UMKM MAKANAN OLAHAN CARICA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi kasus: UMKM Yuasa Food Berkah Makmur Dieng, Km. 3.5, Krasak-Mojotengah, Wonosobo)

PINANGGIH, WIJAYANTI HESTU UNGGUL (2019) PENENTUAN STRATEGI SUSTAINABILITY USAHA PADA UMKM MAKANAN OLAHAN CARICA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi kasus: UMKM Yuasa Food Berkah Makmur Dieng, Km. 3.5, Krasak-Mojotengah, Wonosobo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (613kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Salah satu industri makanan dan minuman yaitu industri pengolahan buah yang memanfaatkan berbagai jenis buah-buahan sebagai bahan utama produksinya.Industri pengolahan buah ini juga dijadikan sebagai upaya peningkatan kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi buah-buahan. Salah satu indutri pengolahan buah yang cukup besar dan berkembang serta menjadi unggulan utama di kota Wonosobo adalah industri kecil pegolah carica (UMKM). Salah satu UMKM terbesar pembuat carica olahan di kota Wonosobo adalah UMKM Yuasa Food Berkah Makmur Dieng, Km. 3.5, Krasak-Mojotengah, Wonosobo. Pada UMKM ini memiliki permasalaan yang hampir sama dengan UMKM lain yaitu kelangkaan bahan baku sehingga pemenuhan permintaan terhambat dimana jumlah panen semakin menurun dan jumlah produksi semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena sifat dari tanaman carica yaitu musiman, mengalami kelangkaan pada musim kemarau. Ini juga menyebabkan harga bahan baku tinggi, begitu pula dengan harga bahan pendukung. Kurangnya promosi produk juga menyebabkan terhambatnya sustainability usaha pada UMKM Yuasa Food Berkah Makmur.Sehingga perlu dilakukan penentuan strategi sustainability agar perusahaan dapat berkembang dengan baik.Pada penentuan strategi sustainability usaha UMKM Yuasa Food Berkah Makmur dihitung dengan menggunakan analisa SWOT dan AHP. Analisa SWOT dilakukan untuk mengetahui posisi perusahaan pada saat ini dibandingkan dengan pesaing. Kemudian dilakukan analisa matriks IE dengan mengisi kuisioner dan melihat nilai matriks IFAS yang didapat dari analisa faktor internal dan nilai matriks EFAS dyang didapat dari analisa faktor eksternal dengan nilai masing-masing 2,9 dan 3,09 yang dimasukan kedalam matriks IE. Dari matriks IE diketahui posisi perusahaan yaitu growth and build (tumbuh dan berkembang). Dari matriks IE dilakukan analisa matriks SWOT yang akan menghasilkan alternatif strategi. Kemudian dari masing-masing alternatif strategi dilakukan perhitungan AHP. Kemudian dari analisa AHP dapat disimpulkan bahwa strategi 1 yang terpilih karena memiliki nilai yang tertinggi yaitu memperluas usaha dengan tujuan untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Kata Kunci : Penentuan Strategi, Sustainability Usaha , Analisa SWOT, Analisa AHP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:37
Last Modified: 18 Feb 2020 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item