TINJAUAN YURIDIS IKLAN ONLINE DALAM MEDIA SOSIAL

KRISVIANDI, RISMANA GALIH (2019) TINJAUAN YURIDIS IKLAN ONLINE DALAM MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (922kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (134kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (178kB)

Abstract

Media Sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya. Media sosial mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain-lain. Bagaimana jika ada kejanggalan atau permasalahan didalam penggunaan sosial media terutama didalam pemasangan iklan melalu media sosial? Atas dasar tersebut maka munculah undang undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode penelitian hukum normatif, dengan pendekatan perundang-undangan. Jenis sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencarian di perpustakaan ( library research ). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa dalam undang – undang nomer 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, jika adanya pelanggaran atau promosi iklan yang melanggar Pasal 46 ayat (3) UU Penyiaran diatur bahwa siaran iklan niaga dilarang melakukan : “ promosi yang dihubungkan dengan ajaran suatu agama, ideologi, pribadi dan/atau kelompok, yang menyinggung perasaan dan/atau merendahkan martabat agama lain, ideologi lain, pribadi lain, atau kelompok lain” maka bisa di hukum dengan hukuman pidana, perdata atau administrasi Kata kunci : media sosial, perlindungan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:56
Last Modified: 17 Feb 2020 08:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16073

Actions (login required)

View Item View Item