Analisis Pengaruh DIferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan dan Komunikasi terhadap Kepercayaan Shohibul Quban pada Produk Superqurban Rumah Zakat Cabang Semarang

Hidayatulloh, Dodi (2014) Analisis Pengaruh DIferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan dan Komunikasi terhadap Kepercayaan Shohibul Quban pada Produk Superqurban Rumah Zakat Cabang Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan lembaga zakat umumnya di Indonesia dan khususnya di semarang semakin menggeliat seiring pemahaman umat islam akan zakat. Begitu juga dengan peningkatan hewan kurban setiap tahunnya mengalami trend positif, oleh karena itu semua lembaga zakat kemudian menawarkan program penitipan hewan kurban dengan cara penawaran yang berbeda-beda. Begitupun Rumah Zakat dalam hal ini membuat strategi Diferensiasi Produk. Diferensiasi produk merupakan salah satu strategi dalam manajemen pemasaran untuk memenangkan pasar. Dengan menerapkan strategi ini, Rumah Zakat menghasikan produk inovasi baru berupa Superqurban (kornetisasi hewan kurban). Melalui proses kornetisasi ini, daging kurban dapat bertahan hingga tiga tahun sehingga daging kurban dapat didistribusikan hingga pelosok daerah. Dalam menjalankan amanah shohibul qurban, karyawan Rumah Zakat bekerja dengan menggunakan prinsip kualitas pelayanan dan memberikan komunikasi yang baik terhadap Shohibul qurban. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah diferensiasi produk, kualitas pelayanan dan komunikasi memiliki pengaruh terhadap kepercayaan shohibul qurban. Data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuesioner yang disebar kepada Shohibul qurban yang mempercayakan kurbannya kepada Rumah Zakat cabang Semarang sebanyak 32 responden. Variabel-variabel yang digunakan yaitu : variabel independen berupa Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Komunikasi, sedangkan variabel dependen berupa Kepercayaan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y1 = 0,522X1 + 0,428 X2 + 0,106 X3 + e1 Dimana, variabel Diferensiasi Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Komunikasi (X3) mempunyai pengaruh positif yang berarti bahwa peningkatan terhadap persepsi mengenai Diferensiasi Produk, kualitas pelayanan dan komunikasi dapat berpotensi meningkatkan Kepercayaan Pelanggan (Y). Kata kunci : Kepercayaan Pelanggan, Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 08 Dec 2015 11:40
Last Modified: 08 Dec 2015 11:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item