STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER LOYALTY

SHOFA, RIVCA YULIA (2019) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER LOYALTY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas mengalami penurunan jumlah penumpang orang pada setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan persaingan dengan moda transportasi udara yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi customer relations yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang dalam menciptakan customer loyalty. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga narasumber yang menjabat sebagai staf dan satu orang customer dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori relationship management. Pembaruan penelitian dari sebelumnya yaitu penelitian ini fokus membahas tentang strategi customer relations dalam menciptakan customer loyalty. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi customer relations yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang yaitu dengan memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik, memberikan tarif yang kompetitif dan menyediakan layanan akses informasi yang mudah. Selain itu menjalankan kegiatan khusus yaitu program mudik gratis, peringatan hari pelanggan, coffee break, perayaan ulang tahun customer, customer award dan penyambutan penumpang mancanegara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan evaluasi dari kegiatan khusus untuk customer belum cukup efektif, karena terbukti hingga saat ini PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang belum mendapatkan stabilitas dan kenaikan jumlah penumpang orang, yang artinya customer tidak loyal karena tidak menggunakan kembali transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Emas. Keterbatasan pada penelitian ini adalah hanya meneliti pada satu perusahaan tanpa meneliti perusahaan penyedia jasa transportasi udara. Sehingga perbandingan dari kedua perusahaan tersebut tidak dapat dibuktikan berdasarkan data yang konkret. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya agar penelitian ini dapat dikembangkan dengan meneliti perusahaan lain untuk mengungkapkan fakta yang sebenarnya. Kata kunci : Marketing Public Relations, Strategi Customer Relations, Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:29
Last Modified: 17 Feb 2020 08:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item