REPRESENTASI HEDONISME DAN KEHARMONISAN KELUARGA PADA AKUN RANS ENTERTAINMENT DI MEDIA ONLINE DENGAN KAJIAN NILAI-NILAI ISLAM

Nikmah, Irwiyatun (2019) REPRESENTASI HEDONISME DAN KEHARMONISAN KELUARGA PADA AKUN RANS ENTERTAINMENT DI MEDIA ONLINE DENGAN KAJIAN NILAI-NILAI ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (994kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Youtube merupakan salah satu media yang banyak diminati masyarakat termasuk akun Rans Entertainment milik keluarga Raffi Ahmad yang terdapat banyak video dengan jenis dan konten yang beragam seperti mengenai gaya hidup hedonisme dan keharmonisan keluarga. Peneliti menganalisa representasi hedonisme dan keharmonisan keluarga pada akun Rans Entertainment di media online dengan kajian nilai-nilai Islam menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori semiotika dari John Fiske yang membagi kode-kode televisi dalam 3 level yaitu realitas, representasi, dan ideologi tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 2 pendekatan saja yaitu realitas dan representasi. Keterbatasan penelitian ini terdapat pada objek yang hanya memfokuskan pada akun Rans Entertainment dan fokus mengenai hedonisme dan keharmonisan keluarga. Berdasarkan penggambaran dari segi realitas yaitu terdapat ekpresi dan gaya bicara atau dialog yang menunjukkan adanya perilaku gaya hidup hedonisme dan keharmonisan keluarga. Sedangkan dari segi representasi untuk pengambilan kamera menggunakan medium shot dan long shot, dan untuk pencahayaan menggunakan front light dan key light. Perilaku hedonisme tidak sesuai dengan ajaran agama Islam sedangkan keharmonisan keluarga sesuai dengan ajaran agama Islam. Dalam penelitian ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan media dengan mencontoh sisi positifnya. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metodologi semiotika dengan pendekatan teori semiotika lain. Kata Kunci : Hedonisme, Keharmonisan Keluarga, Rans Entertainment, Media Online, Nilai-Nilai Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2020 08:24
Last Modified: 17 Feb 2020 08:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item