THE EFFECTIVENESS OF USING JIGSAW ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION SKILL WITH DESCRIPTIVE TEXT (A Quasi Experiment Research of the Tenth Grade Students of SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG in the Academic Year 2018/2019)

PUSPARINI, PUSPARINI (2019) THE EFFECTIVENESS OF USING JIGSAW ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION SKILL WITH DESCRIPTIVE TEXT (A Quasi Experiment Research of the Tenth Grade Students of SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG in the Academic Year 2018/2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Jigsaw efektif atau tidak untuk meningkat kemampuan membaca (reading) siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang bertempat di Jalan Mataram No.657, Wonodri, Jawa Tengah, Indonesia. Tipe dari penelitian in adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dengan sample kelas X IPS 1 sebagai kelas control dan kelas X IPS 2 sebagai kelas percobaan. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre-test, dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dikelas control adalah 52.93 dan dikelas percobaan adalah 53.06. Setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas control adalah 60.17 dan dikelas percobaan adalah 70.32. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas control dan percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.000. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditoalak dan H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan Jigsaw efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa didalam teks jenis descriptive. Kata Kunci : Jigsaw, Reading Comprehension, Descriptive Text

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:26
Last Modified: 13 Feb 2020 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item View Item