PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PERJANJIAN KREDIT MACET DI PT BPR GUNUNG RIZKI SEMARANG

FARENZA, DWI ANDRA (2019) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PERJANJIAN KREDIT MACET DI PT BPR GUNUNG RIZKI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (163kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (277kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana perlindungan konsumen terhadap kegiatan perjanjian kredit macet di BPR Gunung Rizki Semarang. 2) untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi terhadap kegiatan perjanjian kredit macet di BPR Gunung Rizki Semarang. solusi dalam pelaksanaan perlindungan konsumen Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi metode pengumpulan data untuk memperoleh data yang akan dijadikan bahan skripsi melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perlindungan konsumen terhadap kredit macet proses simpan pinjam telah di setujui oleh kedua pihak, apabila ada yang melanggar akan di kenakan sanksi berupa administrasi seperti bunga yang sudah kita sepakati sebelumnya . 2) Hambatan Internal: Terkadang dari pihak bank melupakan pentingnya double check. Maka pernah terjadi kurangnya ketelitian dalam memastikan agunan tersebut memenuhi syarat untuk menjadi agunan di BPR, solusinya melakukan pengecekan kembali dan melibatkan pihak ketiga yaitu notaris dalam melakukan layak atau tidaknya sudah sesuai dengan legalitas . Hambatan eksternal : Untuk hambatan itu sendiri terkadang konsumen lebih pintar mencari celah untuk melanggar legalitasnya, solusinya pihak bank pun sebelum pembacaan perjanjian kredit sudah dijelaskan sejelas – jelasnya untuk peraturan yang sudah ditetapkan pihak bank, dan apabila pihak bank menemukan kecurangan yang dilakukan oleh konsumen akan dikenakan hukuman yang sudah ditetapkan di perjanjian kredit yang sudah di tandatangani konsumen. Pihak bank sudah sudah dijelaskan mengenai peraturan yang sudah ditetatapkan, apabila menemukan kecurangan akan dikenakan hukuman yang sudah ditetapkan. Kata Kunci :Perlindungan Konsumen, Perjanjian Kredit Macet

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:25
Last Modified: 13 Feb 2020 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item