PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENGEMUDI KENDARAAN YANG MENGAKIBATKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA, KORBAN LUKA BERAT DAN KORBAN LUKA RINGAN (Studi Putusan Nomor 36/Pid.Sus/2019/PN.Bbs)

RAMADHAN, HANS JANNATHAN QADRI (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENGEMUDI KENDARAAN YANG MENGAKIBATKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA, KORBAN LUKA BERAT DAN KORBAN LUKA RINGAN (Studi Putusan Nomor 36/Pid.Sus/2019/PN.Bbs). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (810kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Pertanggungjawaban Pidana Pengemudi Kendaraan Yang Mengakibatkan Korban Meninggal Dunia, Korban Luka Berat dan Korban Luka Ringan (Studi Putusan Nomor 36/Pid.Sus/2019/PN.Bbs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban pidana pengemudi kendaraan yang mengakibatkan korban meninggal dunia, korban luka berat dan korban luka ringan berdasarkan Studi Putusan Nomor 36/Pid.Sus/2019/PN.Bbs serta akibat hukum terhadap pengemudi kendaraan yang mengakibatkan korban meniggal dunia, korban luka berat dan korban luka ringan berdasarkan Studi Putusan Nomor 36/Pid.Sus/2019/PN.Bbs Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pengumpulan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyipulkan bahwa (1) pertanggungjawaban pidana pengemudi kendaraan yang mengakibatkan korban meninggal dunia, korban luka berat dan korban luka ringan berdasarkan putusan pengadilan adalah terdakwa WASRONI BIN DAMIN terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana berupa mengmudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan korban meninggal dunia, korban luka berat dan korban luka ringan dan melanggar pasal 310 ayat 4 jo pasal 229 ayat 4, pasal 310 ayat 3 jo pasal 229 ayat 4, pasal 310 ayat 2 Jo. pasal 229 ayat 3 UU RI no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. (2) akibat hukum bagi pengemudi kendaraan yang mengakibatkan korban meninggal dunia, korban luka berat dan korban luka ringan berdasarkan studi putusan nomor 36/Pid.Sus/2019/PN.Bbs yaitu menjatuhkan hukuman berupa pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun dan 10 (sepuluh) bulan dan menjatuhkan denda kepada terdakwa tersebut sejumlah Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) apabila denda tersebut tidak dibayarkan diganti dengan pidana kurungan 1 (satu) bulan. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Pidana, Pengemudi Kendaraan, Korban Meninggal Dunia, Korban Luka Berat, Korban Luka Ringan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:13
Last Modified: 13 Feb 2020 05:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item