PERAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL DALAM PROSES PENYELESAIAN SENGKETA SERTIFIKAT GANDA (STUDI DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA SEMARANG)

PRATAMA, RIFQI FAUZI (2019) PERAN BADAN PERTANAHAN NASIONAL DALAM PROSES PENYELESAIAN SENGKETA SERTIFIKAT GANDA (STUDI DI KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (234kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Tanah merupakan tempat kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi ini. Selain itu, tanah juga mempunyai fungsi sebagai sumber kehidupan. Tanah juga sangat berperan penting dalam kehidupan bagi mereka yang sumber ekonominya bergantung pada tanah, baik dalam usaha perkebunan, pertanian dan lain sebagainya. Akan tetapi seiring dengan tingginya nilai dan manfaat tanah, banyak orang yang berupaya memperoleh bukti kepemilikan tanah dengan memiliki sertifikat palsu, asli tapi palsu maupun sertifikat ganda dimana data yang ada pada sertifikat tidak sesuai dengan yang ada pada buku tanah. Pada kenyataannya Sertifikat ganda merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemukan oleh masyarakat. Tingginya masalah pertanahan tidak hanya meresahkan masyarakat tetapi juga sangat mempengaruhi kinerja BPN sebagai institusi yang mempunyai tugas pokok melaksanakan administrasi pertanahan. Tujuan penelitian yang akam dilakukan penulis ini adalah 1) Untuk mengetahui peran Badan Pertanahan Nasional dalam proses Penyelesaian Sengketa Sertifikat Ganda. 2) Untuk mengetahui Kendala Serta Solusi yang dihadapi oleh Badan Pertanahanan Kota Semarang dalam Proses Penyelesaian Sengketa Sertifikat Ganda. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada Bapak Bapak Agus Radiyanto, S.H., selaku Kepala Seksi Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Semarang. Hasil penelitian dari skripsi ini adalah 1) Peran Badan Pertanahan Nasional dalam proses penyelesain sengketa sertifikat ganda yaitu dengan cara mediasi, yang mana mediasi ini menyelesaikan sengketa tanah dengan bermusyawaroh antar pihak yang ditengahi oleh mediator dari pihak BPN, kemudian jika antar pihak sepakat maka persoalan selesei, namun jika antar pihak tidak menemukan kata sepakat maka ditindak lanjuti ke jalur hukum. Proses penyelesaian Sengketa tanah oleh Kantor Pertanahan Kota Semarang semuanya sudah dijelaskan dalam Permen ATR/BPN No.11 Tahun 2016 tentang Penyelesaian Kasus Pertanahan. 2) Kendala-kendala dan solusi dalam penyelesaian sengketa tanah oleh BPN Kota Semarang ada 2 (dua), pertama intern, yaitu tidak lengkapnya data-data yang ada terutama pada dokumen peta. Kedua ekstern, yaitu adanya pihak yang tidak datang ketika akan dimediasi yang akhir menunda mediasi, yang pada akhirnya pada saat pemanggilan para pihak menjadi terhambat. Solusi penyelesaian mengatasi permasalahan sengketa pertanahan tersebut dilakukan dengan mengumpulkan data-data objek tanah yang menjadi persengketaan dan mencari informasi mengenai tanah tersebut. Selanjutnya Kantor Pertanahan Kota Semarang mengupayakan mediasi kepada para pihak, dan apabila mediasi sudah dilakukan tetapi tidak tercapai kesepakatan maka dikembalikan kepada para pihak untuk dilakukan upaya hukum berupa gugatan di pengadilan. Kata Kunci : BPN. Penyelesaian Sengketa, Sertifikat Ganda x

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:06
Last Modified: 13 Feb 2020 05:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item