TINJAUAN HUKUM PUTUSAN HAKIM DALAM KASUS PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI PEMALANG (Studi Kasus Putusan Nomor:10/Pid.Sus.Anak/2017/PN.Pml)

Irza, Muhammad Yusril (2019) TINJAUAN HUKUM PUTUSAN HAKIM DALAM KASUS PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI PEMALANG (Studi Kasus Putusan Nomor:10/Pid.Sus.Anak/2017/PN.Pml). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Publikasi.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai “Tinjauan Hukum Putusan Hakim dalam Kasus Pembunuhan yang dilakukan oleh Anak di Pengadilan Negeri Pemalang Nomor:10/Pid.Sus.Anak/2017/PN.Pml” dan bagaimana pertimbangan hakim dalam memutus tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak serta kendala-kendala hukum putusan hakim dalam kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak. Untuk bisa mendapatkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, artinya suatu penelitian yang dilakukan terhadap keadaan nyata masyarakat atau lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta (fact-finding), yang kemudian menuju pada identifikasi (problem-identification) dan pada akhirnya menuju kepada penyelesaian masalah (problem-solution). Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yaitu penelitian yang menekankan pada data primer yang dipetik secara langsung dari sumbernya. Dengan sumber datanya berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan studi kepustakaan. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan di Pengadilan Negeri Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan. Kesatu, pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak bahwa terdakwa didakwa sebagai yang melakukan, menyuruh lakukan dan turut serta melakukan dalam tindak pidana pembunuhan berencana melanggar Pasal 340 KUHP. Dimana kualifikasi dari pasal ini diuraikan dengan perbuatan terdakwa yang menunjukan bahwa terdakwa sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama 20 (dua puluh) tahun. Kedua, kendala-kendala hukum putusan hakim dalam kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak, Jaksa Penuntut Umum dapat membuktikan bahwa terdakwa adalah yang melakukan dalam tindak pidana pembunuhan berencana terlebih dahulu, putusan hakim menjatuhkan pidana kepada anak penjara selama 10 (sepuluh) tahun belum menginterpretasikan nilai kebenaran dan keadilan bagi masyarakat, dimana seharusnya suatu putusan hakim dapat memberikan kepastian hukum, keadilan, dan kemanfaatan. Kata Kunci: Putusan Hakim, Tindak Pidana, Pembunuhan, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:15
Last Modified: 27 Jan 2020 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item