Peranan Notaris Dalam Pendirian Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing Berdasarkan Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal Di Kota Semarang

RACHMAWATI, NOOR (2019) Peranan Notaris Dalam Pendirian Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing Berdasarkan Undang - Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal Di Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (268kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (80kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sedang membangun sehingga diperlukan adanya modal atau investasi yang besar. Oleh karena itu, isu penanaman modal asing dewasa ini semakin ramai dibicarakan karena pembangunan nasional pada dasarnya membutuhkan banyak dana. Dana yang dibutuhkan untuk investasi tidak mungkin tercukupi hanya dari pemerintah dan swasta nasional. Keadaan ini semakin mendorong supaya semaksimal mungkin untuk menarik penanaman modal asing di Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:1) Bagaimana peranan notaris dalam pendirian Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal di Kota Semarang. 2) Kendala apa saja yang dihadapi dan solusi dalam pendirian Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal di Kota Semarang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis peranan notaris dalam pendirian Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal di Kota Semarang. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis kendala apa saja yang dihadapi dalam pendirian Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal di Kota Semarang dan bagaimana solusinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis normatif dengan bantuan data primer atau data empiris sebagai data pendukung. Penelitian hukum normatif yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan dengan meneliti dari bahan pustaka, dengan menganalisa melalui Undang-Undang serta dukungan dari data empiris yang dilakukan untuk mendapatkan data primer guna mendapatkan kebenaran di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Berdasarkan teori bekerjanya hukum dan kepastian hukum serta hasil penelitian didapatkan bahwa peran notaris adalah mengajukan permohonan PMA ditujukan kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal, berkaitan dengan hal ini, tugas notaris membantu pemerintah memberikan penyuluhan hukum bagi para pihak yang melakukan pendirian tersebut, membuatkan Joint Venture Agreement yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan membuat akta pendirian PT. PMA. Kendala yang dihadapi yaitu perizinan usaha, domisili usaha, penentuan bidang usaha, persyaratan administratif dan modal untuk mendirikan perusahaan. Solusinya adalah memahami terlebih dahulu bisnis yang akan didirikan, memilih domisili usaha dengan menggunakan bangunan yang peruntukannya untuk tempat usaha, menentukan bidang usaha dengan tepat agar tidak salah dalam mengidentifikasi izin usaha yang dibutuhkan, seluruh dokumen persyaratan administratif agar disesuaikan dengan format yang terbaru dan tentukanlah modal sesuai dengan kemampuan. Kata Kunci : Notaris, Penanaman Modal Asing, Perseroan Terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2020 06:42
Last Modified: 24 Jan 2020 06:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item