IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES (Studi di Sekolah Dasar Negeri Wanoja 01 Kecamatan Salem)

Sidik, Fahrurroji (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES (Studi di Sekolah Dasar Negeri Wanoja 01 Kecamatan Salem). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (573kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Implementasi merupakan kunci sukses dari sebuah program yang telah dibuat oleh pemerintah. Kebijakan sertifikasi guru muncul dari tuntutan penciptaan sosok guru yang profesional yang mengacu pada Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 tahn 2005 dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kebijakan sertifikasi guru dan bagaimana pengaruh sertifikasi tersebut terhadap profesionalisme guru di SD Negeri Wanoja 01 serta untuk mengetahui apa saja kendala atau faktor penghambat dalam kebijakan sertifikasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualikatif dengan teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive dan dikembangkan melalui teknik snowball. Penelitian ini menggunakan teori yang digagas oleh Van Meter dan Van Horn berupa, standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, hubungan antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, kondisi ekonomi, sosial dan politik serta disposisi implementor dimana keenam variabel ini sangat berperan dalam proses implementasi kebijakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru di Sekolah Dasar Negeri Wanoja 01 Kecamatan Salem sudah baik dan memenuhi enam variabel implementasi kebijakan publik model Van Meter dan Van Horn. Sertifikasi memberikan peranan yang positif terhadap tingkat profesionalisme guru di SD Negeri Wanoja 01 Kecmatan Salem. Dari hasil pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan atau kendala yang dihadapi. Seperti keterlambatan pencairan tunjangan profesi guru serta pengaruh sertifikasi guru yang belum menunjukan hasil yang signifikan bagi keefektifan guru dalam meningkatkan mutu dan kualitasnya. Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan Sertifikasi Guru, Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:02
Last Modified: 23 Jan 2020 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item