AGUSTIN, SINTA (2019) PEMASARAN INTERNAL: HUBUNGANNYA TERHADAP KINERJA EKSTERNAL PEGAWAI DAN ORIENTASI PELANGGAN MELALUI KINERJA INTERNAL PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) MADYA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftarisi.pdf Download (240kB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (404kB) |
|
Text
babI.pdf Download (255kB) |
|
Text
babII.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text
babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text
babV.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
Text
babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (250kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan melalui kinerja internal pada institusi pemerintahan, khususnya Kantor Pelayanan Pajak (KPP Madya Semarang). Penelitian dilakukan dengan mengambil responden seluruh pegawai KPP Madya Semarang. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai KPP Madya Semarang sejumlah 128 orang dan sejumlah 101 kuesioner kembali untuk diolah penulis. Pengujian data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel serta analisis efek mediasi menggunakan Sobel Test dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan melalui kinerja internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pemasaran internal memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan. Sementara pengaruh tidak langsung yang diuji pada hubungan antara orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan melalui kinerja internal terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa kinerja internal mampu memediasi hubungan antara orientasi pemasaran internal terhadap kinerja eksternal pegawai dan orientasi pelanggan pada KPP Madya Semarang. Kata Kunci : orientasi pemasaran internal, kinerja internal, kinerja eksternal pegawai, orientasi pelanggan, institusi pemerintahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 07:57 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 07:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15310 |
Actions (login required)
View Item |