ANALISIS SISTEM KONTRAK PENGADAAN PEKERJAAN TERINTEGRASI RANCANG DAN BANGUN (DESIGN AND BUILD) DAN KONTRAK PENGADAAN PEKERJAAN TUNGGAL PADA KONSTRUKSI FLY OVER

Adibrata, Dendy Sofian Kusuma (2019) ANALISIS SISTEM KONTRAK PENGADAAN PEKERJAAN TERINTEGRASI RANCANG DAN BANGUN (DESIGN AND BUILD) DAN KONTRAK PENGADAAN PEKERJAAN TUNGGAL PADA KONSTRUKSI FLY OVER. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (584kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini Pemerintah Republik Indonesia sedang berupaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor. Salah satu sektor yang menjadi perhatian pemerintah adalah sektor pembangunan infrastruktur. Dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pada umumnya menggunakan sistem Kontrak Pengadaan Pekerjaan Tunggal. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat baru menerapkan sistem Kontrak Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build) pada tahun 2017 pada konstruksi Jembatan Layang (Fly Over). Pada penelitian ini akan menganalisa masalah bagaimana penerapan sistem kontrak pada pekerjaan konstruksi Fly Over, mana yang lebih efektif, efisien dan optimal serta bertujuan mengetahui sistem kontrak yang lebih efektif, efisien dan optimal diterapkan pada konstruksi Fly Over antara sistem Kontrak Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build) dan sistem Kontrak Pengadaan Pekerjaan Tunggal. Metode analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif, yaitu hasil survey berupa kuesioner dari responden. Data variabel bebas dari penelitian-penelitian terdahulu dan variabel dari responden hasil prakuisioner dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Dalam penelitian ini, keandalan angketnya diukur sekali saja (one-shot) dengan tingkat signifikansi (α) yang digunakan adalah 5% menggunakan program SPSS. Analisis untuk menentukan prioritas strategi berdasarkan skala kepentingan strategi menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dengan program Expert Choice. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem Kontrak Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build) lebih efektif, efisien dan optimal dari sistem Kontrak Pengadaan Pekerjaan Tunggal pada pekerjaan konstruksi Fly Over. Sehingga dengan pemilihan sistem Kontrak yang sesuai, dapat meminimalisir permasalahan-permasalahan yang akan terjadi, dengan tetap memperhatikan prinsip transparansi, efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas. Penelitian ini dapat diperdalam dengan melakukan penelitian pada faktor-faktor yang mempengaruhi mutu, manajemen lalu lintas, keselamatan kerja dan lain sebagainya dengan populasi dan sampel dari pihak lain, baik itu dari penyedia jasa atau instansi lain yang terkait dengan pekerjaan konstruksi Fly Over. Keyword : infrastruktur; fly over; sistem kontrak; design and build; analitycal hierarchy process (AHP); expert choice.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:25
Last Modified: 17 Jan 2020 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15005

Actions (login required)

View Item View Item