ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM KERJA JALAN TOL GT.MUKTIHARJO INDONESIA DENGAN PLAZA TOL SKUDAI MALAYSIA

WULAN, SABRINA LAURA and FERDIANA, FANNY CHYNTHIA (2019) ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM KERJA JALAN TOL GT.MUKTIHARJO INDONESIA DENGAN PLAZA TOL SKUDAI MALAYSIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (959kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (20kB)

Abstract

Pemerintah setiap negara telah membangun jalan tol sebagai solusi dan alternatif bagi masalah kemacetan. Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang diperuntukkan untuk kendaraan bersumbu 2 atau lebih. Jalan tol ini dibangun sebagai solusi kemacetan, khususnya daerah ibu kota dan kota-kota besar. Pada jalan tol terdapat gardu sebagai tempat transaksi pembayaran, dimana adanya sistem kerja dan antrian dalam gerbang tol. Tugas akhir ini menganalisis perbedaan sistem yang ada di antara kedua negara yaitu Negara Indonesia dan Negara Malaysia. Terutama pada sistem kerja, sistem antrian dan sistem pembayaran yang terdapat di GTO Muktiharjo Indonesia dan Plaza Tol Skudai Malaysia. Dalam analisa ini difokuskan pada sistem kerja jalan tol antara kedua negara tersebut. Dalam menganalisa sistem kerja ada beberapa parameter yang menjadi acuan yaitu data volume lalu lintas setiap gardu per interval waktu, data volume kendaraan setiap shift dan data jumlah rata-rata pelanggan dalam setiap waktu. Dari hasil analisa didapatkan perbandingan sistem kerja, sistem antrian dan sistem pembayaran yang diterapkan pada kedua negara. Berdasarkan hasil analisis perhitungan tugas akhir ini, didapatkan tingkat volume kendaraan yang menjadi perbedaan pada sistem kerja jalan tol di Indonesia dan Malaysia. Jumlah kendaraan di Malaysia sebanyak 31517 kendaraan dan di Indonesia sebanyak 14791 kendaraan mempengaruhi efisiensi biaya dan efektifitas waktu pengendara selama berkendara. Kesimpulan analisa sistem kerja, sistem antrian dan sistem pembayaran di jalan tol Malaysia lebih unggul daripada sistem kerja di Indonesia. Tetapi sistem keselamatan di Indonesia lebih unggul. Sehingga ada kelebihan dan kekurangan dalam kedua negara, maka diharapkan kedua negara dapat memperbaiki kekurangan jalan tol. Kata Kunci : Jalan Tol, Sistem, Gardu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:04
Last Modified: 15 Jan 2020 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item View Item