Perencanaan Struktur Atas Jembatan Gantung Selat Sunda

ARIFIN, ANDI KURNIAWAN (2019) Perencanaan Struktur Atas Jembatan Gantung Selat Sunda. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (736kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (14kB)

Abstract

Selat sunda merupakan salah satu selat yang ada di Indonesia. Masalah yang terjadi ialah jumlah penumpang dan barang-barang yang ingin menyeberangi selat sunda sangat besar dibandingkan dengan kapasitas kapal penyeberangan yang ada, oleh karena itu diperlukan sebuah jembatan untuk melintasi selat sunda. Pada tugas akhir ini akan didesain sebuah jembatan gantung sebagai alternatif trasnportasi antara pulau Jawa dan pulau Sumatera. Dipilihnya jembatan gantung bentang selat sunda yang sangat panjang. Perencanaan dan perhitungan struktur jembatan dimulai dengan perencanaan awal yaitu penentuan panjang bentang jembatan, penentuan lebar jembatan, penentuan beban yang akan membebani jembatan, dan penentuan bahan-bahan jembatan serta kabel yang akan dipergunakan. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan upperstructure meliputi dimensi tebal plat beton lantai kendaraan dan lantai kereta api, perhitungan gelagar rangka baja sebagai untuk menopang lantai jembatan, lalu perhitungan kabel suspensi jembatan gantung, pylon serta angkur. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000-v14. Perencanaan jembatan gantung juga menggunakan referensi dari jurnal-jurnal international dan buku-buku perencanaan jembatan gantung. Untuk menentukan pembebanan struktur jembatan menggunakan Standar Pembebanan untuk Jembatan RSNI T-02-2005 dan Perencanaan Struktur Baja dan material untuk Jembatan menggunakan RSNI T-03-2005. Beban yang diperhitungkan adalah berat sendiri, beban mati tambahan, beban “T”, beban lajur “D”, beban rel kereta, beban angin, dan beban gempa. Perhitungan struktur atas diperoleh tebal pelat lantai kendaraan dan lantai kereta api 25 cm dengan tulangan lentur Ø22-200, gelagar rangka memanjang menggunakan profil Double Channel 900.600.40.60, gelagar rangka melintang menggunakan profil Double Channel 600.320.25.25, ikatan angin menggunakan profil Double Channel 600.400.35.50, shear connector Ø 22 mm, kabel utama jembatan gantung menggunakan diameter 2,4 m, untuk kabel penggantung menggunakan diameter 20 cm, dan tower/pylon BJ55 menggunakan profil baja modifikasi 10 m x 20 m dengan pelat pengaku. Sehingga dari hasil perhitungan tersebut, jembatan gantung selat sunda layak untuk dibangun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:21
Last Modified: 13 Jan 2020 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14721

Actions (login required)

View Item View Item