EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURABAHAH STUDI KASUS BMT BINAMA CABANG NGALIYAN SEMARANG

KURNIAWATI, YUSI INDAH (2019) EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURABAHAH STUDI KASUS BMT BINAMA CABANG NGALIYAN SEMARANG. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (691kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (251kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal khususnya pembiayaan murabahah di BMT Binama Cabang Ngaliyan Semarang. Pengendalian internal ini merupakan struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong terjadinya kebijakan manajemen. Analisis pengendalian internal di BMT Binama ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengendalian internal pada pembiayaan murabahah sudah efektif atau belum. Data untuk tugas akhir ini diperoleh dari pengamatan dan kuisioner langsung dengan pihak BMT Binama Cabang Ngaliyan Semarang yang kemudian dianalisis secara mendalam untuk memperoleh gambaran riil yang terjadi di BMT Binama Cabang Ngaliyan Semarang. Hasil pengamatan dan penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengendalian internal yang diterapkan terhadap pembiayaan murabahah pada BMT Binama cabang Ngaliyan Semarang sudah berjalan cukup baik. Namun dalam praktiknya masih ditemukan kelemahan yang dapat menghambat pelaksanaan pengendalian internal, antara lain masih ditemukan karyawan yang melakukan rangkap kerja atau merangkap dua bagian. Seperti contoh customer service akan merangkap menjadi teller saat teller sedang berhalangan hadir. Hal ini tidak sesuai dengan aktivitas pengendalian yaitu pemisahan tugas, dimana penetapan otoritas dan tanggung jawab dan pemisahan tugas harus lebih ditingkatkan dan lebih berkualitas. Dengan adanya pemisahan tugas dan wewenang yang jelas membuat para karyawan memiliki rasa tanggung jawab terhadap kewajiban masing-masing. Kata Kunci: Pengendalian Internal Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:04
Last Modified: 13 Jan 2020 06:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14655

Actions (login required)

View Item View Item