PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 02 KAYEN PATI

ZULIANA, SITI (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 02 KAYEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam. Studi ini bertujuan untuk mengetahui mengenai beberapa permasalahan: Bagaimana lingkungan sekolah di SMP N 02 Kayen Pati, bagaimana motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 02 Kayen Pati dan adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 02 Kayen Pati. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMP N 02 Kayen Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas lingkungan sekolah, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi, angket, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data lingkungan sekolah dan motivasi belajar pendidikan agama Islam. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi linear sederhana. Kajian ini menunjukkan bahwa:(1) Lingkungan sekolah di SMP N 2 Kayen termasuk ke dalam kategori yang cukup. Terbukti dari hasil rata-rata nilai angket peserta didik yakni 56, nilai ini dikonsultasikan dengan tabel nilai predikat variabel x ternyata masuk dalam interval 49-54 kriteria “cukup”. (2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kayen adalah cukup. Dilihat dari rata-rata penyebaran angket yang diperoleh dengan 40 responden mendapatkan nilai 57, dimana nilai ini termasuk dalam interval 52-58 kategori “cukup”. (3) pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (thitung) sebesar 7,076. Sedangkan nilai t tabel (tabel) dengan df = 38 adalah 2,024 . Karena nilai thitung sebesar 7,076 > nilai ttabel sebesar 2,024. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar PAI di SMP N 2 Kayen. Karena didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Setelah mengetahui hasil penelitian ini dan mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP N 02 Kayen Pati, maka penulis menyarankan untuk memperlancar jalannya proses belajar mengajar yang ada di SMP N 02 Kayen Pati perlu adanya kerjasama diantara masyarakat, kepala sekolah, guru dan terutama siswa sebagai subjek belajar. Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa guru hendaknya memberikan berbagai motivasi kepada siswa di dalam pembelajaran. Disarankan juga kepada para siswa dalam mengikuti pelajaran selalu selalu memperhatikan keterangan yang diberikan oleh guru, juga mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam mengikuti pelajaran. Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:17
Last Modified: 30 Dec 2019 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item