HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

CHOIRUNISA, SITI (2019) HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (735kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Keharmonisan keluarga diperlukan sebab keluarga merupakan lingkungan pertama sang anak. Apabila keluarga tersebut harmonis maka akan mempengaruhi tingkah laku anak diluar rumah termasuk akhlak anak di sekolahnya. Keluarga yang harmonis sangat berpengaruh terhadap akhlak anak. Apabila keluarga harmonis maka akhlak anak baik, begitu juga jika keluarga tersebut tidak harmonis maka akhlak anak juga tidak baik. Selanjutnya dalam skripsi ini ada 3 hal yang akan dikaji yaitu bagaimana keharmonisan keluarga peserta didik, bagaimana akhlak peserta didik dan hubungan antara keharmonisan keluarga peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana keharmonisan keluarga peserta didik, bagaimana akhlak peserta didik dan hubungan antara keharmonisan keluarga peserta didik di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Untuk mendapatkan data yang diperlukan serta dapat dipertanggungjawabkan, maka penulis menggunakan jenis penelitian “field research” yaitu pengumpulan data dengan informasi yang bersumber dari lapangan. Tempat untuk melakukan penelitian ini ialah di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data yang valid (konkret) , karena itu pendekatan penilitian ini ialah penelitian kuantitatif yang penelitiannya menggunakan data yang dinyatakan dalam skor angka, atau dengan kata lain data verbal dikuantifikasikan ke dalam skor angka berdasarkan definisi operasional. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian korelasional, yaitu jenis penelitian yang berusaha menghubungkan suatu variabel dengan variabel yang lain untuk memahami suatu fenomena melalui cara menentukan tingkat atau derajat hubungan diantara variabel-variabel tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keharmonisan keluarga peserta didik cukup baik sehingga akhlak peserta didik di SMP Islam Sultan Agung juga cukup baik, serta hubungan antara keharmonisan keluarga dengan akhlak peserta didik memiliki hubungan yang positif. Artinya semakin keluarga peserta didik harmonis maka akhlak peserta didik baik. kata kunci : keharmonisan keluarga, akhlak peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:10
Last Modified: 30 Dec 2019 06:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item