IMPLEMENTASI METODE JIGSAW LEARNING dalam PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) di SMK PGRI 01 SEMARANG

Renistiana, Renistiana (2019) IMPLEMENTASI METODE JIGSAW LEARNING dalam PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) di SMK PGRI 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan terencana yang mengondisikan/membangkitkan peserta didik dalam pembelajaran agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Di masa modern saat ini perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu pesat, masalah-masalah masih banyak yang menghambat didalam dunia pendidikan, salah satu diantaranya yaitu masalah tentang metode. Berdasarkan persoalan yang terjadi sekolah harus mampu mengaplikasikan metode mengajar secara tepat untuk meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik maupun didalam sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode jigsaw learning merupakan metode pembelajaran untuk memperoleh partisipasi seluruh kelas dan pertanggungjawaban setiap individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam melalui metode jigsaw learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dengan menggunakan teknik observasi partisipasi pasif dan menggunakan mini tour observation, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan suasana belajar di dalam kelas aktif, efektif, dan efesien. Dengan menggunakan metode tersebut telah membantu proses berjalannya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata kunci : Metode Jigsaw Learning, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:02
Last Modified: 27 Dec 2019 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item