SHOLIHAH, IMRO ATUS (2019) MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-WATHONIYAH BUGEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (850kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (222kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (99kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (255kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
Abstract
Media Audio Visual ialah alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, dan juga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, membuat peserta didik senang dan nyaman, dan memperkenalkan perkembangan IPTEK dalam pembelajaran. Sedangkan bahasa Arab ialah bahasa yang telah lama berkembang di negara Indonesia, namun tampaknya mempelajari bahasa Arab merupakan suatu yang sangat sulit dan bahkan tidak luput dari problem sampai sekarang. Salah satu diantaranya ialah problem dalam penggunaan media pada saat berlangsungnya proses pembelajaran bahasa Arab. MTs Al-Wathoniyah Bugen Semarang ialah sekolah yang telah menerapkan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk menarik minat peserta didik dalam belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui bagaimana jenis media, intensitas penggunaan media audio visual dan relevansi media audio visual dengan materi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Wathoniyah Bugen Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh penulis ialah mencakup tiga kegiatan yang bersaman yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab beragam/variatif. Pada aspek intensitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa arab sangat tinggi, karena hampir sebagian pembelajaran bahasa Arab yang menuntut keterampilan mendengar dan berbiacara menggunakan media audio visual. Pada aspek relevansi media audio visual dengan materi pembelajaran bahasa Arab juga sangat tinggi, karena media yang digunakan guru dapat menarik minat peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Arab, dan juga media tersebut sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran bahasa Arab. Kata kunci : Media audio visual, Pembelajaran bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Dec 2019 07:00 |
Last Modified: | 23 Dec 2019 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14158 |
Actions (login required)
View Item |