EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI AL-FATTAH SEMARANG

Aryanto, Ahmad Eko (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI AL-FATTAH SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Implementasi Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam yang menyangkut perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi Pendidikan agama Islam di SDI Al-Fattah Semarang, Bagaimana evektivitas Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam yang menyangkut dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Fattah Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah:1).Implementasi yaitu Perencanaan Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dengan ketentuan. Kemudian Pelaksanaan pembelajaran tematik pendidikan Agama Islam dengan adanya RPP yang sudah mencantumkan silabus dan juga bahan ajar, Pembelajaran tematik Pendidikan Agama Islam lebih efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam pelaksanaan dengan menggunakan tema memberikan rangsangan kepada peserta didik lebih senang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Peserta didik juga lebih mudah untuk memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian Evaluasi pembelajaran tematik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Fattah semarang sudah sesuai dengan instrumen penilaian dalam pembelajaran tematik. 2.)mengenai evektivitas yaitu kondisi: dengan pembelajaran tematik ini materi pembelajaran bisa dilaksanakan hingga tuntas selain itu pembelajarannya juga menyenangkan dan siswa mampu aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian hasil belajar: dengan pendekatan tematik ini lebih efektiv dan menyenangkan karena siwa lebih aktif dalam pembelajaran, mereka saling bekerjasama mendengar menerima dan saling menghormati. Selain itu siswa mampu berfikir objektif dan sistematis juga dilatih untuk berani mengemukakan pendapat sehingga akan mempermudah pengembangan ranah psikomotoriknya. Kata kunci : Evektifitas pembelajaran tematik pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2019 02:52
Last Modified: 20 Dec 2019 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14069

Actions (login required)

View Item View Item