STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL WATHONIYAH SEMARANG & SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG

NAWAWI, MUHAMAD (2019) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL WATHONIYAH SEMARANG & SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu in put, proses, dan out put pendidikan agama Islam di MA al-Wathoniyah Semarang dan SMA Institut Indonesia Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu in put, proses, dan out put pendidikan agama Islam di MA al-Wathoniyah Semarang dan SMA Institut Indonesia Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan dengan menggunakan tiga cara yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pembahasan data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga bagian yaitu, data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MA Al-Wathoniyah Semarang adalah: 1) Strategi mutu in put dengan meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik, dan dengan membuka kelas khusus Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK). 2) Strategi mutu proses dengan melalui pendidikan secara langsung dan tidak langsung. Pendidikan Secara Langsung, yaitu: keteladanan, anjuran, latihan dan kompetisi. dan Pendidikan Secara tidak Langsung, yaitu: larangan, koreksi dan pengawasan, hukuman, dan hadiah. 3) Strategi out put dengan melalui: 1) Ujian munaqasah, siswa harus lulus ujian munaqasah sebagai syarat mengikuti wisuda, dan 2) Madrasah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta sebagai jaminan penampungan lulusan. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMA Institut Indonesia Semarang adalah: 1) Strategi mutu in put dengan melalui tiga hal, yaitu: Mengoptimalkan peran kepala sekolah sebagai pemimpin (leader), mengoptimalkan kemampuan guru yang kreatif dan inovatif, dan membuka kelas unggulan. 2) Strategi mutu proses dengan memberikan progam tambahan pada peserta didiknya melalui do’a bersama sebelum jam pelajaran dimulai, jama’ah shalat dzuhur, melaksanakan peringatan hari besar Islam (PHBI), pemeriksaan tata tertib, dan istighasah bersama menjelang ujian nasional. Sedangkan dalam penggalian data terkait strategi mutu out put tidak ditemukan data secara jelas. Kata kunci : Strategi, Mutu, Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 07:06
Last Modified: 17 Dec 2019 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item View Item