PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS

Suhandono, Sri (2019) PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (868kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Kata Kunci : Project Based Learning, Demonstrasi, Kemampuan Komunikasi Matematis Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting untuk menyelesaikan soal kontekstual. Maka sudah selayaknya kemampuan tersebut dikembangkan dengan maksimal. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Project Based Learning berbasis demonstrasi efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pokok bahasan teorema Pythagoras. Kriteria penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dari kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis demonstrasi pada materi teorema Pythagoras mencapai ketuntasan sebesar 70, mengetahui rata-rata kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis demonstrasi lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model ekspositori, dan mengetahui adanya aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis demonstrasi berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Demak tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, didapat kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Project Based Learning berbasis demonstrasi dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Kelas IX B sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan, uji independent sampel t-test, uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Project Based Learning berbasis demonstrasi diperoleh Mean sebesar 84,11 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa mencapai ketuntasan yaitu 70. (2) Hasil uji banding menunjukkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 84.11 lebih baik dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol sebesar 67.07 dengan selisih sebesar 17,03; dan (3) hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh nilai aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis yaitu sebesar 73% dan dapat disajikan dalam model persamaan regresi Y ̂=1.847+0.963X. Dengan demikian, pembelajaran Project based learning bebasis demonstrasi efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Dec 2019 06:48
Last Modified: 17 Dec 2019 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item View Item