Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak

Khafidin, Khafidin (2018) Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (129kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian adalah peniliti menemukan kesenjangan antara penerapan metode cooperative learning yang ideal dengan kondisi fakta di lapangan, karena pada saat pembelajaran cenderung ramai dan terdapat beberapa siswa yang belum memahami materi pelajaran, hal ini tentu mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Penerapan metode yang kurang maksimal dapat mengakibatkan pembelajaran berlangsung kurang kondusif, sehingga membuat pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa menjadi kurang maksimal. Dengan demikian peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data yang menggunakan tiga prosedur yaitu reduksi data, display data, dan konklusi yang kemudian ditarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak diantaranya yaitu; Madrasah Aliyah Negeri Wonosalam Demak, Madrasah Aliyah Miftahussalam Wonosalam Demak, dan Madrasah Aliyah Sholahuddin Woonosalam Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wonosalam Demak yaitu (1) Implementasi terdiri dari; Pertama yaitu Perencanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan Akidah Islamiyah yang disusun dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik dengan menentukan indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi atau bahan ajar, alokasi waktu, metode-metode pembelajaran, media yang relevan dengan metode, dan instrument penilaian. Kedua yaitu Pelaksanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah efektif dilakasanakan sesuai pada tahapan perencanaan. Ketiga yaitu Evaluasi metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah yang menggunakan bentuk tes tertulis dengan menggunakan instrument soal yang diambilkan dari buku Guru dan dan lembar kerja siswa sudah efektif. (2) Efektivitas yang terdiri dari; Pertama yaitu Proses pembelajaran metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) telah efektif disampaikan secara keseluruhan. Kedua yaitu Hasil Pembelajaran dengan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam pokok bahasan Akidah Islamiyah secara hampir keseluruhan telah berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Kata Kunci: Cooperative Learning, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:28
Last Modified: 21 Nov 2019 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item